Ingin Melakukan Zakat Online Ketahui Dulu Rumus Menghitung Zakat

Zakat online saat ini sedang menjadi tren dikalangan masyarakat. Dengan adanya perkembangan teknologi, membuat zakat bisa disalurkan melalui online. Tetapi ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum melakukan zakat online. Salah satunya dengan memastikan jumlah zakat yang mau dikeluarkan apakah sudah sesuai atau belum.

Dalam menyalurkan zakat online ataupun infaq online, Anda tidak akan ditanya mengenai jumlah zakat yang wajib Anda bayar. Anda hanya langsung memberikan jumlahnya kemudian tinggal ditransfer. Untuk menghindari kesalahan dalam jumlahnya, maka Anda harus mengetahui cara menggitung zakat.

Syarat yang Harus Dipenuhi dalam Berzakat

Dalam berzakat terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu yaitu.
1. Beragama Islam. Syarat utama yang harus dipenuhi adalah islam. Karena kewajiban berzakat merupakan rukun islam yang ke-empat.

2. Merdeka. Untuk budak tidak mempunyai kewajiban berzakat.

3. Berakal. Mempunyai akal sehat merupakan salah satu syarat dalam melakukan zakat. Karena apabila seeorang tidak memiliki akal sehat maka tidak berkewajiban berzakat.

4. Baligh. Baligh yang berarti sudah dewsa dan mempunyai kewajiban.

5. Harta sudah memenuhi nisab. Nisab memiliki arti yaitu batasan harta yang berkewajiban dizakatkan. Nisab terbagi menjadi dua yaitu harta yang wajib dizakatkan merupakan harta selain kebutuhan pokok dan harta yang sudah berjalan satu tahun.

Rumus dalam Menghitung Zakat Fitrah

Zakat fitrah merupakan zakat yang dikeluarkan ketikan bulan Ramadhan. Biasanya zakat fitrah dikeluarkan mendekati hari raya idul fitri. Dalam menentukan jumlah zakat fitrah, Anda harus mengetahui cara menghitungnya terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda bisa menyalurkan zakat dengan keyakinan bahwa zakat yang Anda berikan sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Cara menghitung zakat fitrah ada dua, yang pertama dalam bentuk uang tunai dan yang kedua dalam bentuk bahan pokok yaitu beras jika di Indonesia. Untuk penghitungan zakat fitrah berupa uang yaitu 3,5 x harga rata-rata beras per-kg dipasar. Contoh harga beras di pasar rata-rata 9.000/kg maka 3,5 x 9.000 = 31.500. Jadi zakat yang dikeluarkan yaitu 31.500 per orang. Untuk bahan pokok yaitu beras, jumlah yang harus dikeluarkan yaitu 2,5 kg.

Rumus dalam Menghitung Zakat Maal

Dalam menghitung zakat maal terdapat rumus yang sudah ditentukan yaitu rumus untuk menghitung nisab dan rumus untuk menghitung zakat. Untuk menghitung nisab tergantung dengan zakat maal yang mau dikeluarkan. Untuk zakatnya 2,5 % x jumlah harta dalam satu tahun. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai zakat maal.

• Zakat Emas
Nisab emas = 85 gram. Zakat emas = 2,5% x berat emas yang dimiliki.
• Zakat Perak
Nisab perak = 595 gram. Zakat perak = 2,5% x berat perak yang dimiliki.
• Zakat Perdagangan
Nisab perdagangan = nisab emas. Zakat perdagangan = zakat emas. Ada 2 syarat: memiliki dengan sukarela dan memiliki untuk niat perdagangan.
• Zakat Binatang Ternak
Dalam zakat binatang ternak terdapat tambahan syarat yaitu binatang yang digunakan zakat harus yang digembalakan.

1. Kambing memiliki nisab = 40 ekor

Kambing memiliki nisab = 40 ekor

2. Unta memiiki nisab = 5 ekor
3. Sapi memiliki nisab = 30 ekor

menghitung zakat online

• Zakat Pertanian

Nisab = 900 kg. Zakat = 5% hasil panen dari sawah yang menggunakan penyiraman atau 10% hasil panen dari sawah yang menggunakan hujan.

• Zakat Harta Karun

Tanpa nisab dan 20% untuk dizakatkan.
Rumus dalam Menghitung Zakat Pekerjaan
Untuk menghitung zakat pekerjaan, terdapat rumus yang dapat digunakan untuk mengeluarkan zakat. Cara menghitungnya yaitu mengqiaskan dengan zakat hasil tani, mengqiyaskan dengan zakat uang dan yang terakhir mengqiyaskan dengan zakat tani dan uang. Untuk lebih lanjut perhatikan tabel berikut ini.

menghitung zakat online

Menunaikan zakat sudah menjadi kewajiban bagi setiap umat muslim. Sebelum menunaikan zakat online, yang perlu diperhatikan yaitu jumlah zakat yang dikeluarkan. Karena jumlah zakat yang dikeluarkan memiliki ketentuan tersendiri tergantung dengan jenis zakat yang ingin dikeluarkan. Oleh karena itu, mengetahui cara menghitung zakat merupakan hal yang tepat untuk dilakukan sebelum melakukan zakat.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Thanks For Your Comment Here