7 Rahasia Sukses Usaha Kedai kopi Yang Jarang Diketahui

Sejak zaman dahulu hingga sekarang, kopi memang terkenal menjadi minuman paling favorit orang Indonesia. Bahkan jika dulu hanya orang tua yang sering bertemu sambil minum kopi. Sekarang banyak anak muda yang senang juga nongkrong di warung kopi. Karena itu, membuka peluang bisnis warung kopi tampaknya akan jadi sebuah bisnis yang begitu menjanjikan.

7 Rahasia Sukses Usaha Kedai kopi Yang Jarang Diketahui

Rahasia Sukses Bisnis Kedai Kopi

Jangan khawatir jika Anda tidak tahu caranya. Pada artikel kali ini, kita akan jelaskan rahasia sukses membuka warung kopi sederhana walaupun memiliki modal terbatas. Berikut adalah 7 rahasia peluang usaha bisnis kedai kopi sederhana yang sukses dengan modal kecil

1. Tentukan target pelanggan Anda

Bahkan jika Anda hanya membuka warung kopi kecil, itu tidak berarti Anda tidak perlu strategi untuk menjual. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan target pelanggan Anda.

Apakah itu perlu? Karena itu akan terkait dengan konsep warung kopi yang akan terbuka. Ini juga memudahkan Anda untuk menentukan di mana harus menjual. Misalnya, Anda menginginkan konsep kedai kopi modern. Itu berarti bahwa tujuan Anda kebanyakan muda. Dan lokasi penjualan yang benar adalah di sekitar kampus atau sekolah.

Tidak hanya itu, menentukan target pelanggan juga menyesuaikan anggaran modal Anda. Jika modal Anda hanya 5 juta atau kurang, tentu akan sulit untuk menjualnya ke kelas menengah dan atas. Lebih baik jika Anda membidik kelas menengah ke bawah. Misalnya, sebagai pedagang di pasar, pengemudi, pekerja pabrik, pekerja kantor atau anak kecil.

2. Tentukan lokasi tempat penjualan.

Ketika Anda memilih lokasi yang salah untuk dijual. Maka bisnis Anda akan sulit berkembang. Ini masuk akal mengingat lokasi yang strategis adalah salah satu faktor untuk meningkatkan penjualan Anda.

Selain itu, ada hubungan yang erat antara target konsumen dan lokasi penjualan yang Anda pilih nanti. Jadi, Anda bisa menjual minuman kopi ke orang yang tepat.

3. Modal komersial

Berapa modal yang dibutuhkan untuk membuka warung kopi? Sebenarnya, jika dihitung hanya membeli peralatan dan bahan untuk membuat kopi, maka modal 1 juta sudah cukup.

Namun, kebutuhan Anda tentu bukan hanya itu. Anda masih harus menyiapkan modal untuk keperluan lain, seperti menyewa tempat dan membeli peralatan lain yang diperlukan.

4. Cari pemasok bahan kopi

Ketika mengelola bisnis seperti minuman kopi, sangat penting untuk mendapatkan penyedia kopi yang berkualitas. Jangan ceroboh karena ini untuk kelangsungan bisnis warkop Anda. Jika Anda memilih bahan kopi murah, jangan heran jika pengunjung tidak ingin berlangganan ke toko Anda.

5. Konsep coffee shop yang menarik

Modal kecil bukan berarti menjadi penghalang untuk membuat konsep warkop yang menarik. Lagi pula, tidak semua yang menarik harus mahal. Misalnya saja konsep coffee shop dengan gerobak. Atau Anda tertarik dengan konsep menggunakan tenda warkop.

Sebagai contoh bisnis kopi yang dijalankan oleh Yayank S. Sahara. Wanita asal Sidoarjo ini sukses menjalankan bisnis warung kopi dengan konsep PKL, tetapi menunya dilayani oleh kelas Starbucks.

6. Jangan lupa berpromosi

Meskipun ini hanya bisnis kopi kecil, jangan anggap remeh promosi. Temukan strategi promosi bisnis yang tepat untuk warung kopi sehingga Anda dapat dengan cepat menangkap pelanggan.

Salah satu cara untuk melakukannya, misalnya, adalah mengundang keluarga, teman, dan tetangga untuk mencoba kopi mereka. Mereka bisa menjadi pelanggan tetap nantinya. Selain itu, tidak ada yang salah dengan berpromosi di jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter. Siapa tahu, mereka mungkin tertarik mencoba mengunjungi warung kopi Anda.

7. Berikan layanan terbaik

Sebagus kopi apa pun yang Anda buat atau konsep warung kopi Anda sangat menarik. Akan sangat tidak berguna jika layanan Anda buruk. Misalnya, sering membuat wajah menyebalkan saat melayani pelanggan. Mereka pasti akan malas untuk kembali ke warung kopi.

Kesimpulan

Walaupun ada beberapa pesaing untuk bisnis ini. Membuka warung kopi tetap menjanjikan entah itu sebagai bisnis utama ataupun usaha sampingan. Beberapa saran komersial dari warung kopi di atas dapat diterapkan untuk memulai bisnis Anda.
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »

Thanks For Your Comment Here