3 Tips Ajarkan Kemandirian Anak Sejak Bayi!

Melatih kemandirian anak – Bila Anda menginginkan buah hati yang kelak tumbuh sebagai sosok mandiri dan cekatan, Anda bisa melatih kemandirian dan kecakapan buah hati mulai bayi lho. Ya, dengan mengajarkan beberapa hal dasar secara tepat, bertahap, dan terus-menerus, Anda bisa menjadikan si Kecil tumbuh menjadi anak yang memiliki jiwa kemandirian tinggi.

3 Tips Ajarkan Kemandirian Anak Sejak Bayi!


Penasaran hal-hal dasar apa saja yang bisa Anda ajarkan pada si Kecil untuk membentuk kemandirian anak? Yuk, intip tips-tips menarik berikut ini:


1. Anak usia 1 tahun

Seringkali orang tua beranggapan bahwa melatih kemandirian anak sejak ia berusia 1 tahun adalah sesuatu yang terlalu dini dan tergesa-gesa. Padahal, dengan porsi latihan kemandirian yang sesuai, fase ini dapat menjadi sebuah awal yang baik bagi kepribadian si Kecil untuk mandiri. Di usia bayi ini, Anda bisa mengajarkan anak untuk akrab dengan rutinitas sehari-hari seperti mandi, makan, dan tidur.

Sebagai contoh, bila Anda ingin memandikan si Kecil, Anda bisa melatih kemandirian dengan mengajaknya bicara untuk menunjuk warna handuk mana yang ingin ia pakai. Begitu pula saat makan, Anda bisa melatih kemandirian si Kecil dengan menunjuk menu lauk pauk yang telah Anda persiapkan secara khusus bagi buah hati. Membiarkan anak untuk memilih sesuatu yang telah Anda persiapkan sebelumnya juga dapat menumbuhkan jiwa kemandirian sejak dini.

2. Usia 2 tahun

Di usia ini, anak akan tumbuh dengan kemampuan yang lebih tinggi seperti mulai bisa menggenggam sesuatu. Dukung kemandirian baru ini dengan memberikan ia kesempatan untuk menggenggam peralatan makan seperti sendok. Sesekali ia akan memasukkan sendok bayi yang berisi bubur makanan ke dalam mulutnya secara belepotan.

Biarkan hal ini terjadi sambil sesekali Anda membersihkan wajahnya. Adanya dukungan Anda pada kemandirian si Kecil di tahap ini akan menjadikan buah hati tak mudah ciut nyali dalam mencoba kemampuannya. Kesabaran Anda dalam mengajarkan kemandirian pada buah hati ini juga akan berperan penting dalam keberhasilannya.

3. Usia 3 tahun

Di usia ini, anak biasanya telah mampu mengembangkan kemandirian seperti berjalan secara perlahan. Sebagai orang tua, dukunglah anak untuk menguasai kemampuan dan kemandirian baru ini dengan terus memotivasi dan membantunya melakukan kegiatan-kegiatan baru seperti berjalan atau berlari pelan-pelan.

Anda juga bisa mulai mengajarkan anak untuk merapikan mainannya dengan cara memberikan contoh. Segala macam perilaku anak sebagian besar diperoleh dari contoh konkret yang dilakukan oleh orang tua. Oleh karena itu, bila Anda menginginkan buah hati menjadi  sosok anak yang mandiri, Anda pun harus mengawalinya dengan memberikan contoh yang konkret dan dukungan yang baik.

Baca Juga : Beragam Perlengkapan Sekolah Anak dan Tips Membelinya

Nah, itulah tiga tips penting yang dapat Anda ajarkan pada buah hati sejak ia masih bayi hingga tumbuh menjadi balita dan anak-anak. Jangan lupa bahwa kesabaran dan kepercayaan orang tua pada kemampuan anak juga memegang peranan penting pada proses pembelajaran kemandirian ini. Dukungan berupa kata-kata motivasi dan pujian yang sesuai juga akan membantu mental kemandirian anak tumbuh lebih baik. Selamat mencoba ya Bun!
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Thanks For Your Comment Here