Minuman Sehat, dari Susu sampai Wedang Jahe, Lezat dan Menguatkan

Tubuh yang selalu sehat dan kuat adalah dambaan bagi banyak orang. Rasanya sangat sayang jika hidup berlama-lama kalau ternyata harus mengalaminya sambil sakit-sakitan. Penyakit memang menjadi momok yang sangat menghantui orang-orang. Makanya, tak mengherankan jika pilihan makanan dan minuman yang menyehatkan pun di eksplorasi dan diracik. Di bawah ini, Anda akan mengenal lebih jauh tentang beberapa minuman sehat yang bisa Anda coba.

Gambar terkait
 
Namun apa sebenarnya karakteristik dari minuman yang sehat? Kapan atau bagaimana minuman yang dianggap sehat tersebut? Ini tentunya tak bisa dipikirkan dengan sembarangan. Maka, perhatikan ini:

  • Paling aman adalah meminum air putih, yang tak ada rasa dan tak ada bau, dan memiliki tingkat keasaman (pH) netral. Air putih akan bisa membuang racun dari tubuh Anda.
  • Jika Anda meminum minuman lain selain air putih, maka minuman yang sehat haruslah dibuat dari bahan alami.
  • Minuman tersebut juga lebih baik tak memiliki pengawet buatan di dalamnya, tak mengandung terlalu banyak gula, dan bisa diminum tanpa memberikan efek samping negatif.
  • Minuman tersebut juga harus penuh dengan vitamin dan mineral yang akan membuat tubuh bekerja lebih baik lagi.

Minuman-minuman tersebut tidak hanya terdiri dari satu jenis saja. Anda yang ingin bisa hidup dengan sehat selalu memiliki banyak pilihan untuk dikonsumsi. Jadi Anda tak harus selalu terus-terusan bergantung pada air putih yang mungkin akan membuat Anda bosan. Banyak jenis minuman, baik modern maupun tradisional, yang akan selalu memberikan Anda kekuatan dan kesehatan.

Beberapa minuman sehat yang biasanya banyak orang konsumsi adalah:

  • Susu

Ini adalah minuman yang sejak kecil diberikan pada kita. Susu mengandung nutrisi paling lengkap di antara minuman lain, dari kalsium, protein, zat besi, dan macam-macam vitamin.

  • Berbagai jus buah maupun sayur

Jus tomat, jus jeruk, jus strawberry, jus mentimun, jus seledri, semua itu adalah jenis minuman yang dibuat dari bahan alami, tidak menggunakan banyak bahan pengawet, dan memberikan vitamin dan mineral di dalamnya.

  • Air kelapa

Minuman ini adalah isotonic alami yang membuat tubuh kembali terhidrasi, membuat metabolisme normal, dan membuang racun dari tubuh.

  • Coklat

Minuman coklat, apalagi yang hangat, sangat lezat dan meningkatkan mood, mengurangi resiko terkena stroke, dan bagus untuk kognitif otak.

Infused water


Air yang diberikan potongan buah atau sayur sampai ekstrak nya menyatu dengan air. Semua manfaat buah dan sayur ada di dalamnya, dan rasanya lebih segar.

Selain minuman tersebut, banyak pula minuman tradisional Indonesia yang tak kalah sehat nya. Misalnya:

  • Wedang jahe, air jahe hangat yang menghangatkan tubuh, mengurangi kolesterol, dan mencegah stroke.
  • Bandrek, minuman khas Jawa Barat yang membuat tubuh hangat, sehat, dan penuh dengan rempah.
  • STMJ, minuman dari susu, telur, madu, yang ditambah jahe. Kombinasi dari semuanya tersebut menjadikan minuman unik yang dipercaya bisa membuat tubuh jadi berenergi.
  • Wedang uwuh, minuman dari Jawa yang merupakan kombinasi dari berbagai dedaunan organik dan berkhasiat.

Mengkonsumsi minuman sehat akan membuat tubuh Anda juga menjadi lebih sehat. Mulai saja dengan yang paling mudah didapatkan, yaitu air putih dan jus buah. Atau Anda tertarik dengan infused water? Anda bisa dengan mudah membuat semua itu di rumah Anda sendiri, dan tak perlu membelinya di restoran maupun toko khusus untuk obat-obatan.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Thanks For Your Comment Here