Bagian Penting dari Sistem GPS

Perkembangan teknologi yang semakin maju tidak hanya pada internet namun juga pada teknologi pemindai. Salah satu teknologi tersebut, dapat berguna untuk menentukan letak seseorang atau benda di permukaan bumi dengan menggunakan bantuan dari sinyal satelit. Teknologi tersebut disebut juga dengan GPS atau global positioning system. Sistem tersebut memakai kurang lebih 24 satelit, yang mana satelit-satelit tersebut akan mengirimkan atau memberikan sinyal berupa sinyal mikro hingga sampai ke bumi dan diterima dengan menggunakan alat. Sistem ini tidak hanya dapat dipergunakan untuk keperluan sehari-hari, namun juga untuk keperluan militer, pemantau gempa dan untuk sistem informasi geografis.

Hasil gambar untuk gps
 
Sistem pemosisi global memiliki 3 bagian yang penting yaitu bagian control atau control segmen, bagian angkasa atau space segmen dan bagian pengguna atau user segmen. Pada bagian kontrol atau control segmen terdiri dari 5 stasiun yang letaknya ada di 5 pangkalan yaitu Dalcon Air Force, Ascension Islan, Colorado Spring, Kwajalein dan Diego Garcia. Pangkalan-pangkalan atau stasiun tersebut merupakan mata dan juga telinga dari sistem ini. sinyal yang dikirimkan dari satelit dan diterima pada bagian control, akan dikoreksi dan kemudian dikirimkan kembali ke satelit. Data ephemeris yang merupakan daya koreksi lokasi yang tepat yang berasal dari satelit, akan dikirimkan ke alat navigasi yang dimiliki atau yang terpasang pada barang atau benda tertentu misalnya mobil dan ponsel.

Bagian kedua adalah GPS space segmen. Bagian angkasa terdiri dari 1 jaringan satelit yang mempunyai beberapa satelit yang letaknya di orbit lingkaran yang letak terdekat dengan tinggi nominal kurang lebih 20.183 km di atas permukaan dari bumi. Sinyal yang dipancarkan dari seluruh satelit yang ada, dapat menembus kaca, plastik bahkan awan namun tidak mampu untuk menembus benda padat seperti pepohonan yang rapat dan tembok. Hingga saat ini, terdapat 2 jenis gelombang yang dipergunakan sebagai alat navigasi dengan menggunakan satelit yang berada atau berjalan pada frequensi yang berbeda dan dipergunakan untuk keperluan yang berbeda pula. Gelombang tersebut yaitu:

  • L1 yang berada pada frekuensi 1575.42 MHz. Gelombang ini biasanya dipergunakan oleh masyarakat pada umumnya.
  • L2 berada pada frekuensi 1227.6 dan gelombang ini hanya dipergunakan untuk keperluan militer.

Bagian terpenting ketiga adalah GPS user segmen atau bagian pengguna. Bagian ini terdiri dari prosesor receiver yang bertugas untuk menyediakan positioning atau penempatan, kecepatan dan untuk ketepatan waktu ke pengguna atau pemakai dengan antena yang dipergunakan untuk menangkap sinyal yang diperoleh dari satelit. Sesuai dengan namanya, pada bagian ini, sistem pemosisi global akan menerima data dari satelit yang disediakan dengan melalui sinyal radio. Data yang diperoleh nantinya akan dikirimkan setelah melalui proses koreksi yang dilakukan oleh stasiun pengendali atau di bagian kontrol (control segmen).
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Thanks For Your Comment Here