Mengenal Beragam Jenis Minyak Rem Mobil yang Perlu Anda Tahu

Kebutuhan akan mobil memang menjadi kebutuhan yang amat sangat penting saat ini. Ya, alat transportasi memang benda yang krusial di dunia yang serba cepat macam saat ini. Itulah mengapa permintaan akan mobil kian lama kian tinggi saja. Hal ini tak bisa dipungkiri karena memang mobilisasi menjadi hal yang amat penting dan dibutuhkan. Mobil pribadi yang menjanjikan kenyamanan pun akhirnya menjadi pilihan yang dirasa tepat sehingga bisa maksimalkan aktivitas harian. 

Hasil gambar untuk minyak rem mobil
 
Bagi Anda para pemilik mobil, maka jangan hanya tahu cara mengendarainya saja. Ada baiknya juga jika Anda tahu dengan bagaimana cara untuk bisa merawat kendaraan kesayangan Anda tersebut sehingga performa bisa maksimal. Salah satu hal penting adalah bagian minyak rem. Saat ini sudah ada banyak sekali jenis, merk hingga minyak rem dengan harga yang bervariasi. Tak heran jika hal ini kerapkali justru membingungkan para pengguna mobil untuk menentukan minyak rem paling tepat.

Penggantian minyak rem secara umum adalah dalam jangka waktu setiap 2 tahun sekali. Namun tak menutup kemungkinan juga sebelum itu sudah harus diganti misalnya ketika kendaraan telah menempuh jarak 40.000 km jauhnya. Berikut ini beberapa jenis minyak rem berdasar dari spesifikasinya:

  • DOT 3

Yang pertama adalah minyak rem DOT 3 dimana jenis minyak rem ini memakai bahan berupa glikol eter. Untuk industri minyak rem, glikol eter merupakan material yang paling ekonomis sehingga murah.

  • DOT 4

Selanjutnya ada jenis DOT 4 dimana minyak rem ini menggunakan material glikol eter namun ditambah dengan berupa ester borat sebagai adiktifnya. Perlu Anda tahu jika ester borat mampu membantu dalam memperbaiki sifat minyak rem misalnya dengan tingkatkan titik basah didih serta kering. DOT 4 sendiri lebih stabil lantaran titik didihnya yang tinggi.

  • DOT 5.1

Minyak rem yang satu ini kerapkali disebut dengan DOT 4 Plus atau banyak juga yang menyebutnya Super DOT 4. Alasannya adalah karena DOT 5.1 adalah minyak rem dengan basis glikol eter dengan standar performa DOT 5.1 yang memiliki struktur kimia sama dengan yang ada di DOT 4 yang menjadikan minyak rem ini dapat dicampur langsung dengan DOT 3 dan DOT 4.

  • DOT 5

Untuk jenis terakhir ini berbeda dengan jenis sebelumnya dimana bahan dasarnya menggunakan cairan silikon. DOT 5 unggul dari segi sistem pertahanan pada korosi serta nilai titik didih tinggi. Biasanya DOT 5 dipakai untuk kendaraan militer dimana akan mampu bertahan bertahun-tahun meski tanpa perawatan.

Itulah beberapa jenis minyak rem mobil yang wajib Anda tahu jenisnya. Dengan tahu informasi tersebut, maka ilmu Anda kian bertambah bukan?
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Thanks For Your Comment Here