Masih Bingung Kenapa Kita Harus Bersekolah? Ini Dia Alasan yang Sebenarnya!

Pendidikan di Indonesia memang sangat dianggap penting, terutama jika kelak nanti Anda harus bekerja dengan orang lain, pastinya hal pertama yang paling dicari adalah tingkat pendidikan yang tinggi. Mungkin sebagian dari masyarakat Indonesia ada yang menyepelekan pendidikan, dimana mereka berpikir jika bekerja hanya membutuhkan pengalaman saja dibandingkan dengan teori, oleh karena itu belajar atau pun memperoleh pendidikan formal bukanlah sesuatu yang diharuskan. 
 
 Hasil gambar untuk pendidikan
 
Namun, sekarang ini memang pendidikan menjadi kunci yang paling penting yang harus dimiliki oleh semua masyarakat Indonesia untuk bisa menjadi sumber daya manusia yang jauh lebih berkualitas dan dapat berguna di lingkungan mereka. Memang juga ada sebagian yang tidak suka belajar, namun dipaksa untuk bersekolah tanpa mengetahui arti serta tujuan terpenting dari memperoleh pendidikan tersebut. Berikut inilah beberapa alasan sebenarnya mengapa Anda harus menempuh pendidikan formal dan bersekolah:

  • Ilmu Khusus

Memang hampir semua ilmu dapat kita pelajari melalui buku atau pun berdasarkan pengalaman, namun ternyata dengan bersekolah ada beberapa ilmu yang tidak bisa Anda dapatkan di tempat lain. Ilmu tersebut adalah ilmu kedisiplinan, yakni di sekolah pastinya kita akan diajarkan untuk datang tepat waktu, menggunakan seragam yang sesuai dan juga rapi serta lengkap, dan masih banyak hal lainnya yang membuat kita menjadi pribadi yang disiplin dan sangat berguna di dunia kerja pada nantinya.

  • Sosialisasi

Mungkin sebagian besar masyarakat Indonesia menganggap bahwa bersosialisasi merupakan hal yang mudah. Namun hal ini tidak akan mudah jika Anda tidak bersekolah, pasalnya dengan bersekolah, kita akan menjadi paham bahwa berhubungan sosial tidak hanya dengan keluarga, tetapi juga dengan orang-orang luar. Jika hanya bersosialisasi misalnya dengan tetangga atau pun teman kerja, maka tidak akan menambah wawasan atau pergaulan. Berbeda cerita jika Anda bersekolah dan bertemu dengan berbagai orang yang berbeda dan memiliki keunikan masing-masing.

  • Persaingan dan Persahabatan

Dari bersekolah kita juga dapat mengerti apa itu persaingan dari memperebutkan juara kelas, mengadu nilai, dan lain sebagainya yang positif. Tentunya hal ini akan membuat diri menjadi kompetitif dan juga sportif. Selain itu, sekolah juga mengajarkan adanya persahabatan, dimana kita dapat menjadi dekat satu sama lain dan melewati waktu belajar di sekolah bersama-sama. Selain itu, di luar sekolah pun pastinya Anda masih bisa merasakan persahabatan tersebut dengan menciptakan waktu luang bersama sahabat Anda.

  • Kebanggaan

Sekolah juga ternyata menjadi ajang mencari kebanggaan atau prestasi untuk diri sendiri. Sering kali, sekolah mengikutsertakan anak didiknya untuk maju dalam suatu perlombaan, olimpiade, pertandingan, dan lain sebagainya untuk mengasah kemampuan mereka dan dapat berkembang pada bidang yang mereka sukai atau gemari. Tentunya sekolah juga bisa Anda gunakan sebagai penyalur hobi dan kemahiran Anda.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Thanks For Your Comment Here