Agar Si Kecil Lekas Bisa Membaca, Simak 4 Tips Mengajarinya Berikut Ini!

Mempersiapkan si kecil masuk ke lingkungan sekolah memang ada banyak cara, dan salah satunya dengan mengajari mereka membaca sebelumnya. Paling tidak anak sebelum masuk ke lingkungan TK sudah bisa membaca kata-kata sederhana. Apalagi saat ini sudah semakin banyak sekolah TK yang meminta calon siswanya sudah tidak buta huruf dalam artian bisa membaca. Meskipun tidak butuh keahlian membaca yang fasih selayaknya anak yang lebih besar, namun setidaknya mereka sudah bisa membedakan bentuk dan pengucapan alphabet.
 
 Hasil gambar untuk mengajarkan anak belajar membaca
 
Beban orangtua memang terus meningkat dalam mempersiapkan buah hatinya agar siap terjun ke dunia sekolah. Sebab sebelumnya anak dituntut untuk sudah bisa membaca dan berhitung, jadi untuk membantu si kecil bisa membaca sejak dini. Simak tips mengajarinya membaca berikut ini:

1. Belajar sambil bernyanyi,

Orangtua khususnya ibu tentu sering mendengar bahkan mengalami sendiri orangtuanya dulu mengajari deretan huruf sambil bernyanyi. Jadi Anda bisa mulai memperkenalkan huruf alphabet kepada buah hati dengan cara menyanyi sehingga lebih menyenangkan dan si kecil tidak kehilangan fokus. Cobalah dengan nyanyian sederhana dan mulai memperkenalkan dua atau tiga huruf dulu sampai si kecil hafal.

2. Memanfaatkan media elektronik,


Media elektronik masa kini sebenarnya sudah banyak yang membantu para orangtua mengajari buah hatinya untuk membaca. Misalnya saja perangkat handphone pintar melalui aplikasi yang bertujuan memperkenalkan huruf dan kata sederhana pada anak-anak di usia balita. Anda bisa mengunduh aplikasi yang sesuai dimana memperlihatkan deretan huruf lengkap dengan gambar peraga sehingga menarik minat si kecil. Proses pembelajaran pun semakin mudah dan menyenangkan jika melibatkan media elektronik.

3. Menyediakan karpet huruf,


Setiap orangtua dijamin menyediakan karpet di rumah terlebih ketika punya bayi dan anak kecil supaya tetap aman dari dinginnya lantai. Pertimbangkan untuk membeli karpet berisi deretan huruf alphabet yang bisa dipakai untuk membantu proses belajar membaca bagi anak-anak. Karpet ini umumnya didesain bermotif kotak-kotak dan setiap kotaknya terdapat satu huruf, gambar buah atau hewan, lengkap dengan nama gambar tersebut. Sehingga bisa menarik minat anak untuk belajar membacanya sembari bermain di atas karpet yang nyaman.

4. Membaca sembari bercerita,


Membiasakan si kecil membaca buku cerita lewat dongeng yang Anda bacakan bisa membantu mereka belajar membaca sejak dini. Cobalah melakukan kebiasaan baik ini karena dengan memperkenalkan cerita anak yang seru dan menarik lewat bukunya yang simpel dan bergambar lucu. Anak-anak akan tertarik untuk melihat isi buku dan seketika itu pula tertarik untuk bisa ikut membaca deretan huruf dan kalimat yang tercetak di dalamnya. Anda bisa merangsang keinginan si kecil membaca sehingga lebih mudah diajari dan menjadi pandai membaca.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Thanks For Your Comment Here