Tips yang Bisa Anda Coba Agar Tidak Malas Bangun Pagi

Bagi sebagian orang, bangun pagi merupakan kegiatan yang susah untuk dilakukan. Tak jarang karena lebih berat meninggalkan tempat tidur, mereka akhirnya bangun dengan kesiangan. Akibatnya mereka tidak bisa mempersiapkan diri dengan baik untuk memulai aktivitas mereka, baik bekerja, sekolah, maupun kegiatan penting lainnya. Sehingga kata terlambat seakan tidak pernah jauh-jauh dari kamus kehidupan mereka. Jika Anda termasuk salah satu orang yang memiliki kebiasaan susah bangun tidur, maka sebaiknya Anda ubah kebiasaan ini jika tidak mau menjadi gaya hidup Anda selamanya. 


Bangun kesiangan tidak hanya memiliki efek Anda harus terburu-buru mempersiapkan segala sesuatu maupun terlambat saja, namun juga bisa membuat aktivitas yang Anda jalani seharian nanti menjadi tidak optimal. Hal ini karena orang yang bangun kesiangan akan kehilangan waktu produktif mereka. Banyak studi yang dikaji membuktikan bahwa bangun pagi memberikan efek positif bagi kesehatan, dan tentu juga berdampak pada prestasi individu. Mengetahui dampak baik dari bangun pagi ini, maka mulai dari sekarang Anda harus segera mengubah kebiasaan lama Anda bangun kesiangan. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar tidak malas bangun pagi:

Mengurangi kebiasaan tidur malam.
Normalnya waktu tidur orang dewasa adalah 8 jam sehari. Untuk itu pengaturan waktu tidur sangatlah penting. Hindari tidur terlalu larut malam agar Anda tidak bangun kesiangan dan waktu tidur Anda tercukupi. Kenali siklus tidur Anda masing-masing kemudian buatlah pengaturan waktu tidur yang tepat agar Anda juga bisa bangun dengan waktu yang tepat pula.

Memasang alarm.

Gaya hidup sehat dengan bangun pagi bisa Anda lakukan dengan bantuan alarm. Anda bisa melakukan pengaturan agar jam Anda membunyikan alarm pada waktu yang tepat di pagi hari. Bunyi alarm yang kencang biasanya akan membangunkan orang di dekatnya. Hal ini bisa sangat efektif agar Anda bangun dengan tepat waktu.

Minum air putih sebelum tidur.


Bagi Anda yang mungkin sudah kebal dengan bunyi alarm, maka cara ini terbilang cukup efektif. Anda cukup membiasakan diri untuk meminum air putih sebanyak-banyaknya sebelum tidur, sehingga Anda akan otomatis terbangun dengan sendirinya pada pagi harinya karena ingin buang air kecil. Hal ini karena secara alami terjadi proses biologis dalam tubuh kita.

Meminta bantuan untuk dibangunkan.


Anda juga bisa meminta bantuan orang lain untuk membangunkan Anda, bisa orang tua maupun saudara. Minta orang tersebut untuk membangunkan Anda dengan berbagai cara agar kita bangun. Cara ini terbilang cukup efektif untuk dilakukan.

Mandi di pagi hari.

Mengguyur badan di pagi hari akan efektif menghilangkan rasa malas dan mengantuk untuk memulai aktivitas.

Jadikan kebiasaan.

Jadikan bangun pagi sebagai hal yang rutin untuk dilakukan, tidak peduli saat weekend sekalipun. Sehingga nantinya akan menjadi bagian dari gaya hidup sehat Anda.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Thanks For Your Comment Here