Tips Agar Hubungan Jarak Jauh (LDR) Anda Tidak Membosankan

Beberapa orang bertahan untuk menjalani hubungan percintaan meskipun terpaut jarak dan waktu. Hubungan jarak jauh atau long distance relationship (LDR) merupakan istilah untuk mereka yang menjalani hubungan dengan kendala jarak dan waktu. Tidak seperti pasangan pada umumnya, frekuensi untuk tatap muka pasangan LDR akan sangat minim bahkan sangat jarang terjadi. Jika zaman dahulu mereka menggunakan surat untuk berkabar, saat ini mereka akan menggunakan teknologi untuk saling melepas rindu maupun sekedar memberi kabar pada pasangannya. Meskipun hubungan LDR sangat rentan terjadi perpisahan, nyatanya banyak sekali yang tetap bertahan bahkan sampai menuju ke jenjang pernikahan.


Hubungan LDR bukan tanpa sebab. Bisa jadi karena salah satu pasangannya harus menempuh studi atau bekerja keluar kota atau luar negeri. LDR seharusnya tidak menjadi kendala untuk menjalankan hubungan yang sehat dan harmonis. Karena sesungguhnya jarak yang ada bisa mendorong kita untuk lebih kreatif dalam menjaga hubungan agar tetap langgeng. Agar hubungan jarak jauh Anda tidak membosankan, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

  • Mengutamakan kualitas, bukan kuantitas.
Hubungan jarak jauh memang akan membuat waktu komunikasi Anda lebih berkurang. Namun bukan berarti Anda memaksakan untuk menambah intensitas dan frekuensi komunikasi Anda dan pasangan. Jika dipaksakan seperti itu, yang terjadi adalah hubungan percintaan yang membosankan. Daripada terlalu sering, sebaiknya tentukan waktu khusus untuk Anda dan pasangan berkomunikasi, entah dengan bertelepon atau chatting. Anda bisa menggunakan waktu tersebut untuk menceritakan apa saja yang terjadi selama sepekan ini atau kejadian menarik lainnya antara satu sama lain.

  • Menggunakan foto.
Teknologi yang hadir saat ini cukup membantu manusia untuk menyalurkan perasaannya. Untuk itu jika cukup sulit mengungkapkan dengan kata-kata, tidak ada salahnya Anda menunjukkan pada pasangan Anda foto hal-hal menarik yang Anda temui di keseharian Anda sebagai bahan bercerita.

  • Belajar untuk lebih jujur dan saling terbuka.
Salah satu fondasi suatu hubungan adalah kepercayaan. Mengingat hubungan jarak jauh rentan dengan saling berburuk sangka, maka saat menjalani LDR mulai belajarlah untuk lebih jujur dan terbuka dengan pasangan Anda, begitu juga sebaliknya.

  • Melakukan kompromi dan menentukan ekspektasi masing-masing.
Mengingat setiap pasangan memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda, maka sebaiknya saling berbagi ekspektasi dan kebutuhan masing-masing saat LDR. Lakukan kompromi dengan pasangan apa yang sebaiknya dilakukan agar hubungan percintaan yang dijalani tetap bertahan dan selalu nyaman satu sama lain. Seperti misalnya jika pasangan Anda menginginkan untuk berkomunikasi lebih sering, maka jika setelah dikompromikan dengan Anda dan tidak Anda sendiri tidak keberatan maka bisa dijalankan. Atau jika Anda cukup sulit untuk menceritakan tentang keseharian yang Anda alami, maka itu tidak masalah jika pasangan Anda cukup proaktif dalam membawa obrolan.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Thanks For Your Comment Here