Pentingkah Pendidikan Pra Sekolah Bagi Anak? Simak Ulasan Lengkapnya Berikut Ini!

Didalam perkembangan dunia pendidikan saat ini, tentunya para orang tua sudah tidak asing lagi dengan apa yang disebut pendidikan prasekolah. Ya, jenjang pendidikan bagi anak dibawah 5 tahun, dimana di Indonesia sendiri model pendidikan seperti ini oleh masyarakat luas lebih dikenal dengan nama PAUD yang merupakan kepanjangan dari Pendidikan Anak Usia Dini. Jenjang pendidikan ini, secara garis besar memiliki tujuan untuk mempersiapkan anak dengan seksama sebelum mereka memasuki usia sekolah. Program pendidikan anak usia dini ini sendiri, oleh Pemerintah pun telah dijadikan sebagai acuan dalam pola pendidikan di Indonesia, dimana dalam hal penyelenggaraannya sendiri Pemerintah dalam hal ini menunjuk para kader di lingkungan sekitar untuk melaksanakan program pendidikan usia dini tersebut.


Bagi Anda para orang tua yang memang memiliki putra putri yang telah memasuki usia prasekolah, tak usah ragu lagi untuk mendaftarkan putra putri Anda pada lembaga pendidikan usia dini, yang kini banyak tersebar diberbagai wilayah di Indonesia. Pola Pendidikan anak usia dini yang dibentuk oleh Pemerintah melalui kader-kader lingkungan ini, tidak akan memungut biaya pendidikan yang terlalu tinggi, sehingga tidak akan memberikan beban pada keberlangsungan ekonomi keluarga Anda.

Berikut ini beberapa manfaat dari pendidikan prasekolah yang akan memiliki pengaruh positif bagi proses tumbuh kembang putra putri Anda, yang antara lain adalah:

1. Anak akan lebih siap dalam menghadapi pendidikan dalam bangku sekolah, karena pada saat menjalani prasekolah mereka secara langsung telah mengetahui pokok-pokok ataupun dasar dari bentuk, angka serta huruf seperti yang telah diajarkan oleh pembimbing di PAUD.

2. Anak akan lebih dapat mengendalikan emosi yang mereka miliki, karena telah terlatih untuk dapat berinteraksi dengan teman sebaya, yang diharuskan untuk tidak mengutamakan kepentingan dan keinginan mereka sendiri.

3. Melatih anak untuk dapat memulai kehidupan mandiri mereka, tanpa harus bergantung pada bantuan orang tua, dalam mengerjakan berbagai hal.

4. Anak akan lebih mudah berinteraksi dengan teman sebaya mereka dan memiliki tingkat sosialisasi yang lebih tinggi.

Dari berbagai manfaat yang telah dijabarkan diatas, dapat kita simpulkan bahwa pendidikan prasekolah, memang penting untuk diberikan bagi putra putri kita, demi kehidupan mandiri dan tingkat sosialisasi yang baik dalam diri mereka. Dengan pendidikan usia dini yang diberikan ini pula, kita dapat secara langsung mengamati minat dan bakat yang mereka miliki sejak dini, sehingga kita dapat menentukan sekolah mana sajakah yang memiliki keterkaitan dengan minat dan bakat tersebut.

Memanfaatkan berbagai fasilitas yang diberikan oleh pemerintah setempat terkait dengan pendidikan anak usia dini ini, akan lebih membawa kita sebagai orang tua lebih terarah dalam mengatur pola asuh dalam diri putra putri kita. Selain itu beban biaya pendidikan pun akan lebih ringan untuk dijalankan, karena adanya bantuan fasilitas yang diberikan oleh pemerintah.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Thanks For Your Comment Here