Cara Merawat Knalpot Motor dengan Benar Agar Awet

Knalpot merupakan salah satu bagian dari motor matic, yang memiliki fungsi sebagai saluran gas buang. Spare part pada motor matic ini, pada umumnya memang memiliki masa penggunaan yang cukup lama, dengan sedikit sekali keluhan yang biasanya ditimbulkan. Meskipun memiliki jangka waktu penggunaan yang cukup lama, namun akan sangat mungkin jika bagian ini tidak kita rawat, maka korosi dan ataupun pelapukan pada bagian dalam knalpot dapat terjadi. Knalpot yang mengalami korosi dan pelapukan biasanya akan bocor dan menimbulkan suara bising pada bagian knalpot, yang dapat membuat tidak nyaman ketika motor dinyalakan ataupun digunakan

Korosi pada bagian dalam knalpot sejatinya dapat terjadi karena adanya perbedaan suhu yang terjadi antara bagian dalam dan luar dari knalpot tersebut. Suhu pada bagian dalam knalpot biasanya akan terasa lebih panas dibanding bagian luar, karena memang secara langsung terhubung dengan bagian mesin dan menjadi saluran buang dari sisa pembakaran mesin. Selain karena perbedaan suhu, korosi pada knalpot dapat terjadi karena sistem penggunaan kendaraan, yang lebih sering bersentuhan dengan air, terutama air yang mengandung garam. Oleh karena itu akan sangat sering kita temukan masyarakat yang tinggal di pesisir pantai memiliki kendaraan dengan knalpot yang mengeluarkan suara bising.

Untuk menghindari adanya korosi pada bagian knalpot motor ini, maka akan lebih disarankan bagi Anda untuk melakukan perawatan knalpot tersebut dengan benar dan teliti. Adapun langkah-langkah perawatan knalpot yang benar, antara lain adalah:

  • 1. Bersihkan lubang buang yang terdapat pada bagian silencer dengan cara memberikan oli secukupnya. Pembersihan ini dimaksudkan untuk mencegah kebocoran pada bagian silencer knalpot tersebut.
  •  
  • 2. Cucilah motor setelah terkena air hujan, kemudian keringkan bagian motor beserta dengan knalpotnya, dan semprotkan cairan anti karat pada bagian knalpot motor Anda.
  •  
  • 3. Rajinlah untuk memeriksa lubang pembuangan air pada bagian silincer, dan lakukan pembersihan secara total jika memang lubang tersebut tersumbat. Pembersihan dapat Anda lakukan dengan menggunakan batang sapu lidi.

Jika knalpot pada kendaraan roda dua Anda telah mengalami korosi, maka teknik pembersihan yang dapat Anda lakukan untuk mencegah lebih parahnya kondisi knalpot tersebut adalah dengan membersihkan bagian yang telah korosi dari kotoran yang menempel dengan menggunakan sikat dan detergen, kemudian bilas hingga bersih. Setelah bersih Anda dapat mengoleskan oli bersih pada bagian leher knalpot tersebut.

Panaskan mesin motor selama kurang lebih 2 menit, untuk melunturkan oli yang menempel pada knalpot motor Anda. Lunturnya oli pada bagian knalpot ini, akan secara otomatis juga melunturkan sisa-sisa kotoran yang menempel pada knalpot. Lakukan perawatan tersebut secara rutin dan berkala, agar nantinya performa dari knalpot motor Anda lebih terjaga.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Thanks For Your Comment Here