Tidak Ingin Aki Mobil Cepat Soak dan Tekor? Ini Dia Tips Pintarnya!


Memiliki mobil memang merupakan impian setiap masyarakat Indonesia yang hidup di tengah perkotaan dan menganggap jika kendaraan tipe pribadi tersebut dapat digunakan sesuai dengan keinginan mereka serta dapat memberikan kenyamanan yang sangat maksimal. Memang jenis kendaraan ini dapat melindungi Anda dari terik matahari yang panas serta melindungi dari angina yang kencang dan air hujan ketika sedang berjalan. Namun perlu diketahui jika jenis kendaraan ini lebih membutuhkan perawatan dan perhatian yang jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan motor yang sekarang ini banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Anda yang memiliki mobil harus bisa menjaga setiap komponen yang ada di dalamnya agar kendaraan tersebut dapat digunakan dengan optimal. Salah satu bagian yang harus sekali Anda rawat adalah aki mobil. Hal tersebut karena komponen ini dapat menyuplai listrik ke berbagai komponen lainnya. Oleh karena itu, bagian ini tidak boleh sampai cepat tekor atau pun soak dan harus dijaga dengan menggunakan beberapa tips ini:

Tidak Ingin Aki Mobil Cepat Soak dan Tekor? Ini Dia Tips Pintarnya!


1. Beban Penggunaan
Hal paling pertama yang sangat dianjurkan untuk Anda perhatikan dari komponen terpenting tersebut adalah memperhatikan beban penggunanya secara berkala. Anda harus mengeceknya beberapa waktu sekali atau secara rutin. Guna melakukan cek pada bagian tersebut secara rutin adalah agar jika ada masalah yang timbul, maka Anda bisa langsung mengatasinya dengan cepat. Jika tidak mengerti bagaimana cara mengatasinya, maka Anda bisa membawa mobil tersebut ke bengkel resmi atau bengkel yang terpercaya kualitasnya.

2. Bersihkan dengan Rutin
Tips penting lainnya yang jangan sampai Anda lupakan agar bagian atau komponen tersebut menjadi lebih tahan lama sehingga Anda pun tidak perlu membeli yang baru di situs jual beli online terpercaya adalah dengan membersihkannya secara berkala. Bagian yang paling terjaga dan harus selalu dalam keadaan bersih adalah bagian terminalnya. Jika tertutup debu atau pun kotoran, maka hal ini dapat menghambat pengantaran listrik. Untuk membersihkannya, gunakan sikat kawat atau pun sikat plastik.

3. Panaskan Secara Berkala
Cara lainnya yang juga sangat efektif membuat aki mobil selalu dalam keadaan prima adalah dengan selalu memanaskan mobil dalam beberapa waktu sekali. Hal ini sangat ampuh dan menjaga kelangsungannya ketika Anda tidak menggunakan jenis kendaraan pribadi tersebut selama beberapa waktu. Jika tidak dipanaskan, maka hal ini akan berdampak buruk pada bagian akinya, yakni membuatnya cepat soak dan tekor. Pastikan untuk menyempatkan memanaskannya selama 5 hingga 10 menit lamanya.

4. Ketersediaan Listrik
Hal lainnya yang membuatnya selalu dalam keadaan prima adalah untuk selalu menjaga ketersediaan dari listrik yang ada di dalam komponen tersebut. Ketika menipis, maka pastinya mobil Anda akan terasa sedikit sulit untuk dinyalakan. Oleh karena itu, jangan biarkan hal ini terjadi dan selalu melakukan isi ulang suplay listrik tersebut. Anda bisa mendapatkan berbagai tips untuk mengisinya dari berbagai situs belanja online yang memiliki tips lengkap untuk penggantiannya.

5. Lepas Kabel Aki
Ketika Anda memutuskan untuk tidak menggunakan mobil tersebut untuk beberapa waktu dan relatif cukup lama, maka akan lebih baik jika Anda melepas kabel aki mobil Anda dari terminal yang menghubungkannya. Hal ini dilakukan untuk tidak membuat listrik mengalir terus menerus dan dapat membuat aki menjadi lebih mudah soal atau pun mengalami tekor. Jika Anda ingin berpergian jauh dengan tidak menggunakan mobil, pastikan untuk melakukan hal ini sehingga Anda tidak perlu lagi membeli yang baru melalui toko online terpercaya.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Thanks For Your Comment Here