Mengenal Tingkatan Kualitas Spare Part dalam Aktivitas Jual Beli Spare Part Mobil

Suku cadang atau spare part mobil dan kendaraan lainnya adalah komponen yang paling dibutuhkan dalam dunia otomotif. Makin banyaknya produk kendaraan bermotor yang dilepas ke pasaran bebas, membuat keberadaan dan ketersediaan suku cadang mobil juga ikut meningkat pesat. Kegiatan jual beli spare part mobil kini makin marak menghiasi percaturan bisnis otomotif di Indonesia.


Dengan makin banyaknya peredaran suku cadang dalam pasaran industri otomotif, maka kini mulai bermunculan banyak produk spare part mobil dari berbagai merek dengan beragam kualitas dan harga yang ditawarkan. Mulai dari kualitas spare part kelas atas dengan harga selangit hingga kualitas harga retail yang rendah dan lebih terjangkau kantong ekonomi menengah.

Namun berbagai harga suku cadang yang ditawarkan tidak benar-benar menunjukkan bahwa harga terjangkau berarti kualitas yang ditawarkan komponen tersebut berkualitas rendah, atau komponen suku cadang dengan banderol harga tinggi identik dengan kualitas terbaik. Karena pada kenyataannya, tak sedikit suku cadang kendaraan asli dari produsen pemegang lisensi atau biasa disebut Agen Pemegang Merek (APM) memiliki banderol harga yang bersaing dengan suku cadang kualitas KW atau abal-abal.

Untuk Anda yang terjun dalam bisnis jual beli spare part mobil selayaknya mengetahui lebih dalam tentang kualitas komponen spare part mobil agar Anda makin bijak dalam mempertimbangkan jenis dan kualitas spare part yang Anda tangani. Hal ini tentunya akan sangat membantu Anda dalam menjalankan bisnis ini dengan lebih baik dan terhindar dari kesalahan menentukan kualitas suku cadang yang menjadi produk utama bisnis Anda. Berikut ini adalah beberapa tingkatan kualitas spare part yang patut Anda ketahui, yaitu antara lain:

Spare part kualitas Original Import

Komponen suku cadang ini dikenal dengan kualitas genuine parts dan dilindungi oleh kebijakan masing-masing APM. Produknya masih didatangkan dari negara produsen mobil berasal. Komponen suku cadang pabrikan impor ini memiliki ciri khas yang mudah dikenali, yaitu antara lain:

Kemasannya bertuliskan merek sesuai jenis mobil.

Terdapat kode tambahan yang menunjukkan merek jenis mobil pada kode parts number dari komponen sparepart nya.

Terdapat tulisan negara asal produsen komponen tersebut, atau penjelasan mengenai spare part tersebut yang sudah diimpor oleh pihak APM terkait.

Spare part kualitas Original Lokal

Suku cadang kualitas pabrikan produsen mobil ini diproduksi oleh pabrikan lokal agar harga komponen bisa makin terjangkau dibanding produk sejenis kualitas impor. Dalam kemasannya terdapat tanda putih polos yang tercantum keterangan tentang produksi oleh pihak APM merek mobil tersebut atau kardus warna coklat berlabel kemasan yang bertuliskan spare part asli domestik.

Spare part kualitas KW 1

Komponen onderdil KW 1 adalah suku cadang yang tidak original namun kualitasnya mendekati spare part genuine parts. Spare part ini diproduksi oleh vendor yang memasok suku cadang ke APM mobil namun dikemas dengan versi produk itu sendiri dan tidak di label dari merek mobil bersangkutan.

Spare part kualitas Impor

Suku cadang impor ini beredar tanpa lisensi dari APM. Jenis suku cadang ini kerap disebut produk impor dengan kualitas lebih tinggi dari suku cadang original lokal.

Spare part kualitas KW 2

Komponen spare part ini memiliki kualitas di bawah produk KW 1 impor. Produknya sulit dikenali karena kemasannya diberi label luar atau impor.

Spare part kualitas KW 3

Dalam aktifitas jual beli spare part mobil, suku cadang KW 3 adalah kualitas terendah dari produk lainnya.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Thanks For Your Comment Here