4 Tips Perawatan Motor Tua dengan Mudah Agar Awet

Motor tua atau motor klasik merupakan jenis sepeda motor lama yang beredar di pasaran. Motor tersebut umumnya dirilis dalam waktu yang lawas dan juga mempunyai model klasik. Sehingga hal itu juga yang membuat banyak masyarakat yang tertarik untuk memilih motor tua yaitu karena mempunyai model yang klasik dan berbeda dengan model pada umumnya. Sepeda motor tua tersebut tentunya harus dirawat dengan baik karena merupakan keluaran lama sehingga mempunyai daya tahan yang kurang daripada motor baru. Oleh karena itulah Anda yang mempunyai sepeda motor tua bisa untuk melakukan beberapa tips perawatan mudah seperti berikut ini: 
 
 
  • Lakukan service rutin
Tips perawatan mudah pertama yang bisa dilakukan untuk sepeda motor tua adalah dengan melakukan service secara rutin. Bagi sepeda motor baik motor terbaru atau motor klasik tentunya membutuhkan untuk pengecekan secara rutin. Sehingga service rutin seperti memeriksa mesin, gear, rantai, dan bagian lainnya perlu dilakukan. Hal tersebut akan lebih baik dilakukan secara rutin agar menghindari masalah yang terjadi terutama untuk motor tua. Oleh karena itulah pastikan untuk membawa sepeda motor tua ke bengkel dengan rutin agar dapat menghindari kerusakan dan melakukan pengecekan kendaraan.

  • Memilih jenis spare part asli
Pilihan selanjutnya yang bisa dilakukan untuk merawat sepeda motor tua adalah dengan memilih jenis spare part yang asli. Ketika ada bagian motor yang rusak dan perlu diganti maka Anda lebih baik untuk memilih dan menggunakan spare part yang asli. Karena walaupun mempunyai harga yang lebih mahal tetapi juga memberikan kualitas yang terbaik. Dimana spare part asli tersebut akan lebih awet dan tidak mudah rusak. Serta juga lebih cocok digunakan untuk mengganti spare part pada motor tua.

  • Rajin mengganti pelumas
Dan tips mudah untuk merawat motor tua selanjutnya adalah dengan rajin mengganti pelumas. Pelumas tersebut mempunyai fungsi dan manfaat yang penting pada mesin karena apabila tidak diganti dengan rutin maka akan dapat membuat kinerja mesin motor menjadi berat. Hal tersebut akan membuat mengikis mesin sehingga harus masuk bengkel. Oleh karena itulah apabila sepeda motor tua yang digunakan sudah tidak nyaman dan terasa berat maka sebaiknya lakukan penggantian pelumas.

  • Cuci sepeda motor secara rutin
Dan tips mudah terakhir untuk mencegah motor tua mengalami kerusakan adalah dengan mencuci motor secara rutin. Lakukan pencucian motor agar kondisi motor tetap terlihat bagus dan bersih. Selain itu juga jangan biarkan motor terkena air hujan dan segera lakukan pencucian untuk membersihkan sisa air hujan. Pencucian motor secara rutin tersebut sangat efektif untuk mencegah karat dan juga menghilangkan kotoran yang menempel pada motor.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Thanks For Your Comment Here