4 Macam Kuliner Nusantara yang Cocok untuk Menu Buka Puasa

Takjil merupakan istilah untuk makanan yang digunakan untuk berbuka puasa. Ketika bulan ramadhan sendiri biasanya banyak penjual takjil dadakan yang menyediakan berbagai macam makanan berbuka. Sehingga Anda bisa untuk memilih menu yang biasanya sulit untuk dicari misalnya saja menu makanan nusantara yang mempunyai cita rasa yang khas. Misalnya saja beberapa pilihan macam kuliner nusantara yang bisa dipilih sebagai menu buka puasa adalah sebagai berikut ini
 

  • Es pisang ijo
Menu es pisang ijo merupakan menu takjil pertama yang dapat dipilih dan merupakan kuliner dari Makassar. Jenis minuman ini sekarang juga bisa ditemukan dengan mudah di berbagai wilayah Indonesia dan merupakan salah satu menu yang banyak dicari sebagai hidangan untuk buka puasa. Jenis ini mempunyai bahan utama dari pisang raja yang mempunyai warna hijau dan juga bentuk yang besar. Bahan utama tersebut dipadukan dengan adonan yang berasal dari tepung beras sehingga membentuk rasa yang manis dan juga dapat untuk mengenyangkan. Adonan tepung beras tersebut dicampur dengan daun pandan dan juga daun suji yang diperas sehingga akan menghasilkan warna hijau yang lebih alami. Untuk menyajikan makanan ini akan ditambahkan dengan es serut, santan, dan juga sirup.

  • Es kacang merah
Jenis kuliner nusantara selanjutnya yang dapat dipilih adalah es kacang merah yang berasal dari Palembang dan juga Manado. Minuman ini bisa disantap dalam kondisi yang hangat dan juga dingin. Dan ketika ramadhan sebagai hidangan buka puasa maka banyak lebih orang yang lebih memilih untuk disantap dalam kondisi dingin. Di daerah asalnya, Palembang es kacang merah ini disajikan dengan sirup, es serut, dan juga ditambahkan dengan susu kental manis dan tentunya kacang merah.

  • Es dawet
Menu kuliner selanjutnya yang menjadi favorit banyak masyarakat adalah es dawet. Minuman ini berasal dari Banjarnegara dan merupakan jenis minuman yang sangat mudah ditemukan di nusantara. Es dawet terkenal dengan rasanya yang manis dan biasa menjadi menu takjil untuk berbuka puasa. Jenis minuman ini mempunyai bahan dasar dari dawet, santan, gula merah, dan juga enak disantap dengan rasa yang dingin. Sehingga menjadi minuman yang menyegarkan dan juga manis sebagai minuman yang tepat untuk berbuka puasa.

  • Es selendang mayang
Menu minuman nusantara yang bisa dipilih dan dinikmati saat buka puasa adalah es selendang mayang. Jenis minuman ini berasal dari betawi dan mempunyai rasa yang segar dan manis. Jenis minuman ini sendiri sudah jarang ditemui tetapi ketika bulan ramadhan akan lebih mudah untuk menemukannya karena banyak penjual dadakan yang menawarkan minuman ini. Bahan dari es selendang mayang ini sendiri berasal dari sagu, tepung beras, dan ditambah dengan es batu.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Thanks For Your Comment Here