Tips Mudah Memulai Bisnis Jual Beli SparePart Mobil

Tiap kendaraan yang digunakan sudah pasti harus dirawat dengan rutin. Perawatan ini seperti penggantian spare part berkala. Barang-barang ini seperti saringan bensin, oli, kopling, kampas rem dan yang lainnya. Karena barang-barang tersebut mempunyai batas waktu pemakaian dan si pemilik kendaraan menggunakannya terus menerus, sudah pasti pemilik harus melakukan pergantian menggunakan onderdil yang baru. Melihat adanya hal ini, mengapa Anda tidak menganggapnya sebagai sebuah peluang bisnis? Anda bisa saja bisnis jual beli spare part mobil.


Pada dasarnya usaha yang satu ini berada dalam kategori menengah ke atas, inilah sebabnya modal yang diperlukan juga lumayan besar. Spare part dan berbagai macam aksesoris lain meskipun memiliki ukuran yang kecil namun ia mempunyai harga cukup tinggi. Inilah sebabnya bila Anda berencana untuk membuka toko spare part atau bisnis yang berbau spare part Anda harus siap dengan modal yang diperlukan. Selain itu lokasi usaha juga harus memadai karena Anda pasti juga melayani bongkar pasang spare part mobil.

Karena begitu banyaknya merk spare part, jual beli spare part mobil harus di rancang dengan baik. Anda bisa mengkhususkan apa merk atau spare part mobil yang Anda jual. Contohnya Anda membuka toko spare part mobil yang dikeluarkan oleh Eropa atau toko yang menyediakan spare part mobil yang jarang digunakan di pasaran bahkan mobil yang antik atau langka. Tentu tiap spare part ini dijual berdasarkan pada pemilihan kategori kendaraan mempunyai pertimbangan masing-masing pemilik usaha. Biasanya berdasarkan pengalaman dari pribadi masing-masing contohnya pemilik usaha sudah pernah bekerja di bengkel sebuah merk kendaraan, oleh sebab itu penjualan dengan merk tersebut lebih diprioritaskan dibandingkan dengan yang lain.

Apabila Anda memiliki pengalaman tersebut, untuk memilih spare part yang akan dijual, lebih baik Anda menyesuaikannya dengan pengalaman Anda, karena Anda akan lebih memahami seperti apa seluk beluk dari merk mobil. akan tetapi apabila Anda tidak mempunyai pengalaman sama sekali di dalam dunia kendaraan, lebih baik Anda merekrut karyawan yang mempunyai pengalaman karena pengalaman dan pengetahuan sangat digunakan untuk usaha ini. Jika pengetahuan telah dimiliki oleh diri Anda sendiri atau pun karyawan, Anda bisa segera memilih lokasi berjualan yang tepat. Memilih lokasi usaha untuk jual beli spare part mobil tidak mudah. Berikut tips untuk melakukan pemilihan usaha, antara lain:

  • Lokasi berada di sentra usaha. Sentra usaha ini merupakan tempat untuk berkumpulnya sebuah usaha. Contohnya saja seperti di dekat mall, perkotaan atau pasar. Mengapa tempat demikian lebih dipilih? Hal ini dikarenakan konsumen lebih memilih tempat yang memiliki banyak produk sehingga sentra usaha akan lebih mereka pilih,
  • Dekat dengan pemukiman. Lokasi berikutnya ialah daerah yang padat. Wilayah yang dikelilingi oleh pemukiman sangat sesuai untuk berbagai macam usaha Anda. lokasi ini memang banyak di pilih oleh pengusaha properti sehingga jangan heran jika harganya juga ikut tinggi,
  • Dekat target pasar. Ini berarti wilayah usaha harus sesuai dengan target pasar yang Anda miliki, tentu saja hal ini dilakukan agar Anda lebih mudah untuk menjangkau pasar,
  • Pinggir jalan. Akan lucu rasanya jika Anda membuka bisnis jual beli ini di pinggir jalan, selain akan terlihat sepi, akan jarang orang yang mengetahui jika Anda membuka bisnis ini. Jadi, pertimbangkan lokasi yang Anda pilih dengan baik.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Thanks For Your Comment Here