Jenis-Jenis Mata Gerinda Untuk Logam Pada Mesin Gerinda Dan Fungsinya

Mesin gerinda ternyata memiliki beberapa jenis mata pisau yang di gunakan khususnya gerinda tangan (Angle grinder), untuk menyesuaikan pekerjaan dan memudahkan dalam pengerjaannya.
Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas seputar mata pisau pada gerinda mulai dari jenis-jenis mata gerinda dan fungsinya. Hal ini penting agar kamu tidak salah ketika akan membeli dan memilih jenis mata gerinda mana yang tepat dan cocok untuk pekerjaan kamu.
Untuk itu kita langsung saja mulai melihat jenis-jenis mata pisau pada mesin gerinda yang memiliki beragam jenis dan beragam fungsi.


Batu gerinda asah (Grinding Wheel).

Dari banyaknya jenis-jenis perlengkapan untuk mesin gerinda, mata pisau ini (batu gerinda) merupakan mata pisau yang paling banyak dibutuhkan dan di gunakan pada pekerjaan yang berhubungan dengan logam. Batu gerinda memiliki nama lain yang biasa sering disebut dengan “Grinding wheel”  memiliki fungsi untuk mengikis permukaan logam dan sejenisnya seperti besi baja maupun pada stainless steel.

Batu gerinda fleksibel (Flexible Disc)
Batu gerinda fleksibel sering disebut dengan sebutan “Flexible disc” secara fisik memiliki bentuk yang mirip dengan batu gerinda asah, namun bentuknya lebih tipis dengan beberapa bagian permukaan memiliki pola khusus. Batu gerinda yang satu ini biasanya sering digunakan untuk mengikis permukaan logam yang memiliki area-area yang sempit. Jenis batu ini memang dapat di gunakan untuk memotong, namun hasilnya tidak sebaik yang di hasilkan oleh batu pemotong.

Batu gerinda potong (Cutting Wheel)
Batu gerinda potong sering juga di sebut dengan “Cutting wheel” memiliki bentuk yang cukup berbeda jika di bandingkan dengan beberapa batu gerinda lainnya. Batu gerinda jenis ini memiliki bentuk yang cukup datar, dengan ketebalan mulai dari 3 mm hingga 8 mm. Sesuai dengan namanya, batu gerinda potong hanya dapat di gunakan untuk melakukan pemotongan pada media logam,

Sikat gerinda (Steel Wire Brush)
Sikat gerinda memiliki dua jenis sikat gerinda di antaranya (Steel Wheel Brush) yang di ciptakan berbeda dan menjadi dua bentuk,  yaitu bentuk yang rata (Wheel Wire Brush), dan berbentuk seperti mangkuk (Cup Wire Brush). Fungsi dari sikat gerinda ini sangat unik karena dapat membersihkan bagian-bagian permukaan logam dari kotoran, seperti karat dan kerak serta akibat  dari proses oksidasi yang terjadi pada permukaan logam. Sedangkan fungsi lain yang dapat di lakukan oleh sikat gerinda ini adalah untuk mengelupas dan mengerik lapisan permukaan pada kulit luar kayu.

Ampelas gerinda susun (Flap Disc)
mata pisau pada mesin gerinda selanjutnya adalah ampelas gerinda susun merupakan alat memiliki fungsi untuk mengikis permukaan tertentu, baik pada permukaan logam atau pada permukaan kayu. tujuannya untuk menghasilkan permukaan yang rata dan halus. Selain itu penggunaan lain pada ampelas gerinda susun ini juga dapat menghilangkan bintik-bintik pada logam yang biasanya menempel keras pada permukaan.

Ampelas gerinda datar (Fibre Disc)
Sama seperti ampelas pada gerinda susun atau Flap Disc, ampelas gerinda datar ini biasa disebut dengan Fibre Disc yang sering di gunakan untuk proses penyelesaian pada permukaan kayu dan logam. Perbedaan antara ampelas pada gerinda datar dan susun adalah dari hasil pengerjaan yang di hasilkan, untuk ampelas gerinda datar menghasilkan sebuah hasil yang lebih dalam sedangkan untuk ampelas susun tidak.

Itulah jenis-jenis mata gerinda yang biasa di gunakan pada mesin gerinda, setiap jenis memiliki kegunaan dan fungsi masing-masing jadi kamu jangan sampai salah memilih mata gerinda.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Thanks For Your Comment Here