Harga Token Listrik yang Bisa Jadi Alternatif Pilihan Anda

Sejak tahun 2012 yang lalu, PLN sudah memperkenalkan sistem bayar listrik yang berbeda dari sebelumnya yaitu dengan sistem pra bayar. Sistem yang satu ini bisa jadi diilhami dengan sistem pembayaran pulsa telepon dimana konsumen membeli pulsa baru bisa menggunakannya. Sistem ini diperkenalkan demi bisa menjadikan pengguna listrik lebih tertib dalam membayar listrik karena ketika listriknya habis, maka listrik akan otomatis mati sehingga kesadaran membayar secara tertib bisa dimiliki. Harga token listrik juga bisa dipilih sesuai kebutuhan karena sudah tersedia beberapa pilihan.


Jika menilik sejarah awalnya, listrik pra bayar diperkenalkan kepada masyarakat NTB untuk pertama kalinya. Karena responnya yang positif, maka listrik pintar ini kemudian akhirnya dikembangkan sehingga seluruh masyarakat Indonesia bisa menikmati sistem baru ini. Jika sistem listrik zaman dulu, biasanya pengguna listrik datang ke PLN lalu membayar sejumlah tagihan listrik yang sudah digunakannya selama sebulan. Cara ini dinilai kurang efektif karena menyebabkan pengguna tidak bisa menilai sendiri penggunaan listriknya dan hanya tahu ketika pembayaran sehingga lebih berpotensi untuk boros.

Bagi setiap rumah yang akan memasang listrik baru, maka PLN sudah mengatur jika semuanya harus dipasang dengan listrik pra bayar. Hal ini karena PLN sedang berusaha untuk menghapus sistem listrik pasca bayar secara perlahan. Namun jika Anda adalah pengguna listrik pasca bayar yang ingin menambah daya atau mengganti, maka bisa juga langsung ke PLN untuk berkonsultasi melakukan penggantian ke sistem listrik pra bayar. Bahkan demi meningkatkan semangat masyarakat dalam menggunakan listrik pra bayar ini, PLN pun pernah menggratiskan biaya penggantiannya.

Jika Anda tertarik memakai sistem listrik pra bayar ini, maka Anda harus mempunyai kWh meter khusus. Saat ini sudah ada beberapa merek kWh meter yang kerap dipakai masyarakat. Nantinya jika Anda sudah memiliki kWh meter pra bayar, maka Anda akan mendapat kartu pelanggan resmi sebagai kartu identitas yang berisi nomor pelanggan sehingga bisa dipakai untuk pembelian token listrik nantinya. Kini pembelian pun semakin mudah karena sudah banyak gerai dan toko yang menjual. Bahkan jika Anda tidak mau ribet, membeli di situs belanja online pun kini bisa dilakukan. Harga token listrik yang beredar adalah mulai dari 20 ribu hingga 1 juta rupiah.

Adanya variasi pilihan harga tersebut difungsikan untuk bisa menyesuaikan kebutuhan listrik yang ada di rumah Anda. Setiap pembelian tokennya, Anda akan terpotong langsung dengan biaya pajak untuk lampu jalan, PPN serta biaya materai. Untuk pembelian token antara 250 ribu sampai kurang dari 1 juta, harga materai adalah 3 ribu dan pembelian 1 juta materainya adalah senilai 6 ribu rupiah. Perlu diketahui juga jika Anda tergolong dalam listrik rumah tangga kelompok R2 dengan daya 3500VA, maka akan ditambah PPN lagi 10%, kecuali bagi golongan R1 dengan daya 450VA, 900VA, 1300VA dan juga 2200VA.

Itulah sedikit ulasan terkait listrik pra bayar yang kini sedang gencar untuk dicanangkan pemerintah. Harga token listrik pra bayar ini di setiap lokasi pembelian cukup bervariasi. Anda tak hanya bisa membeli di gerai pulsa atau toko online saja, namun juga bisa mendapatkannya di bank hingga Kantor Pos terdekat. Dengan semakin banyaknya penyedia token listrik, maka semakin mudah juga masyarakat untuk mendapatkan pulsa listrik bagi kebutuhan listrik di rumahnya.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Thanks For Your Comment Here