Perlengkapan Medis yang Sangat Penting untuk Futsal dan Sepakbola

Menyediakan P3K dalam setiap acara adalah sebuah keharusan. Apalagi untuk hal-hal yang berbau kegiatan fisik. Sekalipun tidak ada petugas medis yang kompeten, memiliki perlengkapan medis untuk futsal, Sepakbola, Badminton sangat diperlukan. Sebab apapun bisa terjadi, cedera saat berolahraga sangat mungkin dialami baik olahragawan atau orang awam. Dan pertolongan pertama akan lebih baik jika diketahui oleh semua orang.


Untuk klub olahraga yang sudah terkenal maupun belum, biasanya selalu menghadirkan tim medis. Lalu siapa saja yang tergabung dalam tim ini? Silahkan di perhatikan ulasan berikut:

Dokter

Meskipun tidak terjun langsung dilapangan, dokter wajib ada untuk menentukan diagnosa. Jika masih dapat melanjutkan bermain, mungkin tidak perlu bertemu dokter, namun jika sudah tidak mampu lanjut dalam pertandingan, tentu akan segera membutuhkan dokter.

Fisioterapist

Bagi olahragawan/atlet, fisioterapist jauh lebih mereka diperlukan daripada dokter. Sebab mereka harus menjaga tubuh mereka agar tetap kuat. Dan fisioterapist sangat faham pada anatomi manusia. Bukan berarti yang lainnya tidak mengerti, tetapi fisioterapist lebih detail mempelajarinya.

Perawat

Perawat sangat diperlukan untuk melakukan tindakan pengobatan sesuai dengan instruksi dokter.

Bukan hanya para medis yang harus lengkap, perlengkapan medis untuk futsal, sepakbola, atau olahraga lain harus lengkap. Yang dimaksudkan perlengkapan di sini lebih ke arah obat-obatan, dan alat-alat untuk pertolongan awal atau sering kita sebut dengan kotak P3K. Apa saja yang wajib ada dalam kotak P3K? Mari kita bahas:

Handscoon (sarung tangan medis)

Sarung tangan di sini berfungsi untuk melindungi diri bagi mereka yang melakukan pertolongan terhadap orang lain.

Antiseptik (alkohol swap atau plastik, bethadine, dan lain-lain)

Antiseptik berguna untuk membersihkan luka atau mensterilkan bagian dari tubuh kita. Biasanya dipergunakan sebelum menyuntik, melakukan tindakan pada pasien.

Plester

Pada dasarnya kegunaannya hampir sama dengan perban, hanya saja plester biasanya digunakan di bagian luar perban.

Perban elastis

Perban ini biasa digunakan untuk luka-luka seperti terkilir pada bagian lutut, pergelangan kaki, dan lain-lain.

Perban mitella

Perbedaan dengan perban lain adalah bentuknya yang segitiga. Dari segi manfaat sama dengan yang lain yaitu untuk membalut luka, atau menekan pembengkakan.

Analgesik

Analgesik atau anti nyeri yang sering digunakan dalam dunia olahraga adalah analgesik spray atau analgesik semprot. Namun perlu juga disediakan analgesik tablet.

Nomor untuk emergency

Nomor ini untuk jaga-jaga apabila luka tidak dapat ditangani ditempat kejadian dan membutuhkan pertolongan serius.

Kompres dingin

Kompres perlu disediakan karena selain perlu perban, pada luka-luka bengkak sering di kompres terlebih dahulu.

Anti alergi

Untuk antisipasi terjadinya alergi pada obat-obatan seperti analgesik, antibiotik, dan yang lain, maka ketersediaan anti alergi sangat diperlukan.

Antibiotik

Antibiotik memang tidak langsung diperlukan. Namun untuk menghindari terjadinya infeksi, sebaiknya meminum antibiotik sampai tuntas.

Obat diare

Obat diare sangat diperlukan apabila ada pasien yang mengalami diare.

Penyediaan kotak P3K jarang kita temukan. Padahal untuk pertolongan pertama, inilah yang kita cari. Walaupun tidak bisa menyembuhkan seluruhnya. Namun setidaknya membantu agar tidak semakin parah. Pada penyedia lapangan olahraga, perlengkapan medis untuk futsal, sepakbola, badminton, basket dan olahraga lain sangat penting. Melihat adanya banyak kemungkinan cedera bagi para konsumen Anda. Akan lebih baik lagi jika karyawan pun terlatih.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Thanks For Your Comment Here