Inilah Tanda-tanda yang Menunjukan AC Mobil Anda Harus Segera di Service

Tinggal di kota besar seperti Jakarta memang dituntut untuk harus tahan dengan keadaan cuaca serta keadaan jalanannya yang selalu macet, terutama pada jam-jam tertentu dimana orang-orang akan pergi untuk bekerja atau jam pulang kerja. Kebanyakan masyarakat Indonesia saat ini lebih memilih mobil dibanding dengan motor, terutama pada siang hari. Hal ini disebabkan karena udara di Jakarta yang begitu panas pada siang hari dapat merusak kulit dan juga mempengaruhi kesehatan mereka. Untuk itu, mereka memilih mobil yang sudah dilengkapi dengan pemakaian AC serta terasa lebih nyaman untuk dikendarai menurut caramobi.com. Namun, AC pada mobil rentan mengalami kerusakan dan tidak banyak dari pemilik mobil mengetahui jika AC yang ada pada mobil mereka sudah rusak. Untuk itu, ketahuilah ciri-ciri jika komponen tersebut sudah rusak atau belum. Berikut adalah tanda-tandanya:

Inilah Tanda-tanda yang Menunjukan AC Mobil Anda Harus Segera di Service

1. Tidak Mengeluarkan Udara

Tanda pertama yang merupakan tanda terjelas bahwa AC mobil Anda mengalami kerusakan adalah dengan tidak ada udara sama sekali yang dikeluarkan oleh komponen tersebut. Ketika Anda menyalakan AC dan Anda tidak merasakan ada udara dingin yang keluar dari komponen tersebut, sebaliknya udara yang keluar terasa hangat atau panas, maka hal tersebut sudah dipastikan bahwa AC Anda rusak. Kerusakan tersebut terjadi pada bagian HAV atau heating, ventilation and air condirioning-nya. Hal ini dapat disebabkan karena bahan pendingin yang habis atau kipasnya yang rusa, namun bisa juga karena kotoran yang dari luar menutupi ventilasinya.

2. Suara AC

Ketika menyalakan komponen tersebut dan Anda mendengar ada suara aneh yang keluar dari AC, maka sudah dipastikan bahwa komponen tersebut rusak. Biasanya, AC yang baik-baik saja tidak akan mengeluarkan suara apa pun. Jika ada suara yang keluar, kemungkinan kerusakan terjadi pada bagian kompresor yang harus segera Anda perbaiki atau menggantinya dengan yang baru. Untuk penggantiannya, Anda bisa membawanya ke bengkel resmi atau langganan Anda.

3. Aroma

Saat menyalakan AC, biasanya komponen tersebut tidak akan mengeluarkan aroma atau bau apa pun. Jika mengeluarkan bau yang tidak biasa atau yang tidak sedap. Jika terjadi hal seperti itu, maka tandanya AC Anda sudah rusak. Hal tersebut dikarenakan adanya jamur yang tumbuh pada komponen tersebut. Segeralah bersihkan dan hilangkan jamur tersebut karena keberadaannya dapat menyebabkan masalah pernapasan untuk Anda.

4. Air Menetes

Ketika menyalakan komponen tersebut dan ada tetesan air yang jatuh pada bagian dalam mobil, itu adalah pertanda bahwa AC Anda mengalami kerusakan. Hal ini dapat disebabkan oleh adanya penyumbatan dan kerusakan pada saluran AC yang ada pada bagian bawah mobil. Biasanya air menetes pada bagian dashboard. Jika hal ini Anda dapatkan pada mobil Anda, segeralah bawa ke bengkel terpercaya untuk diservis agar Anda dapat menggunakan kembali mobil Anda dengan nyaman.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Thanks For Your Comment Here