Langkah Tepat Merawat Aki Kering Agar Bisa Tahan Lebih Lama

Belakangan ini sudah banyak diantara masyarakat yang tidak lagi menggunakan aki basah untuk kendaraan mereka, melainkan mulai menggantinya dengan jenis aki kering, apalagi banyak keuntungan yang ditawarkan, mulai dari daya kelistrikannya jauh lebih stabil diimbangi juga dengan masa atau jangka waktu pemakainya jauh lebih lama dibandingkan dengan aki basah. Meskipun dari segi harganya lebih mahal, namun mereka mendapatkan performa yang lebih tinggi dibandingkan dengan pemakaian aki cair.

Hanya saja sama dengan jenis aki yang lainnya, maka potensi kerusakan atau masalah yang terjadi pada komponen kelistrikan yang satu ini juga sudah pasti ada. Untuk itu harus dirawat dengan tepat, berikut ini setidaknya ada beberapa tips merawat aki kering pada kendaraan, sehingga membuat usianya jauh lebih panjang atau tahan lama, diantaranya adalah:

Langkah Tepat Merawat Aki Kering Agar Bisa Tahan Lebih Lama


1. Pastikan untuk selalu memanaskan kendaraan setiap hari, sebenarnya bukan hanya kendarai beraki kering saja, melainkan kendaraan aki cair juga harus dipanaskan setiap hari, sebelum digunakan, bahkan ketika tidak digunakan. Mengingat fungsi pemanasan ini sendiri sangatlah banyak. Diantaranya adalah untuk menjaga tekanan pada bagian kelistrikan sehingga bisa tetap stabil. Dengan sering memanaskan maka aliran aki juga akan selalu normal.
2. Bersihkan permukaannya dari kerak dan juga debu, timbunan debu hingga kerak ini sangat mungkin terjadi di sekitar aki kering Anda, disebabkan karena berbagai macam hal. Salah satunya adalah jarang dibersihkan. Semakin banyak timbunan di bagian atasnya sudah pasti akan menganggu kinerjanya. Jadi pastikan untuk membersihkan secara teratur.
3. Hindari membebankan aki dengan komponen kelistrikan yang dayanya tinggi atau berat, modifikasi pada kendaraan hendaknya mempertimbangkan beban yang nantinya akan diterima pada komponen kelistrikan ini, contohnya adalah pemasangan lampu LED yang nyalanya kuat atau tajam, ditambah dengan HID, sound dan berbagai komponen lain yang bekerja dari tenaga aki, tentunya jika digunakan secara bersamaan membuat kapasitasnya kian lama kian turun.
4. Selalu cek kondisi pengikat baterai, pastikan dalam kondisi yang kencang. Mengapa harus demikian? Karena ketika pengikatnya saja sudah longgar hal ini bisa menjadi pemicu aliran listrik juga tidak berjalan lancar, jadi akan membuat komponen lain yang ketergantungan pada listrik tidak bisa digunakan.
5. Selalu menjaga kebersihan terminal aki, bagian terminal ini berfungsi untuk mengalirkan elektrolit, jika dibiarkan dalam kondisi yang kotor, maka akan menganggu resistensinya dalam menyalurkan aliran listrik, jadi pastikan selalu membersihkannya agar aliran listrik bisa berjalan lebih lancar.
6. Cek kondisi alternator dan juga regulator, pastikan dalam kondisi yang aman.

Cukup dengan 6 hal tersebut membantu aki kering tetap awet untuk masa pemakaian yang sangat panjang, jenis aki ini sangat mudah dijumpai di pasaran.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Thanks For Your Comment Here