Ingin Memproduksi Rak Buku Tapi Biayanya Mahal? Ini Dia Tips Mengurangi Biaya Operasionalnya!

Dalam mengelola sebuah bisnis, bila Anda tidak berhati-hati kemungkinan terperosok dalam jurang kerugian pasti ada. Bahkan pada keadaan saat bisnis sedang berada di masa kejayaan pun bila Anda tidak waspada, sewaktu-waktu Anda dapat jatuh terjungkal. Utamanya dalam pengelolaan keuangan. Bila Anda sedang menjalankan bisnis Anda sendiri, Anda harus bijak dalam mengatur keuangan. Akan ada banyak biaya dalam menjalankan sebuah bisnis, lebih-lebih jika bisnis Anda merupakan bisnis yang mengolah barang mentah menjadi barang jadi dan siap dijual seperti rak buku. Walaupun terlihat hanya masalah yang sepele, namun bila terus dibiarkan pada akhirnya bisa membelenggu bisnis Anda. Jika Anda merasa biaya operasional pada bisnis Anda begitu besar, ada beberapa tips untuk menekan pembengkakan tersebut. 


Pertama, hindari pertemuan di tempat yang mahal. Saat sedang menjalin hubungan bisnis dengan beberapa teman, kita pasti diharuskan menjamu mereka ke beberapa tempat mahal seperti di hotel berkelas mewah. Lebih baik mulai dari sekarang Anda mengurangi hal tersebut karena pertemuan bisnis tidak harus Anda lakukan di tempat yang mahal. Sebenarnya yang terpenting bukanlah tempat dimana Anda melakukan pertemuan tersebut namun yang sangat penting ialah apa yang sedang Anda bicarakan dalam pertemuan.

Kedua, kurangi penggunaan kertas untuk hal yang tidak berguna. Jangan salah, hanya karena Anda membuka bisnis rak buku, pembengkakan hanya terjadi di tempat itu-itu saja. Pembengkakan biaya dapat berasal dari mana pun tanpa kita sadari. Pembengkakan bisa saja berasal dari penggunaan kertas yang tidak efisien, untuk mengefisienkannya, Anda dapat melakukan kertas bekas untuk sekedar pencetakan draft dokumen. Baru sesudah keputusan utama Anda ambil, Anda mencetaknya dengan kertas yang lebih bagus. Ini sering terjadi, sebaiknya Anda memberitahukan pada anak buah. Mengurangi penggunaan kertas begitu efektif untuk mengurangi biaya operasional.

Ketiga, tak perlu gunakan jasa konsultan. Bila Anda mempunyai beberapa konsultan khusus pada bisnis yang Anda kelola, lebih baik kurangi konsultan untuk mengurangi biaya operasional Anda. Gunakan jasa konsultan pada bidang yang benar-benar tidak dapat Anda selami. Bila Anda memiliki waktu untuk belajar serta kesempatan pada bidang yang ingin Anda pelajari, Anda bisa mempelajarinya sendiri terlebih dulu serta tidak perlu mempergunakan jasa konsultan.

Keempat, lakukan pemeriksaan yang ketat pada penggunaan listrik. Listrik bisa menjadi penyebab biaya operasional yang Anda miliki membengkak. Oleh sebab itu ada baiknya bila Anda melakukan pengecekan secara langsung ke lapangan. Bila Anda menemukan laporan pengeluaran penggunaan listrik yang semakin besar, periksa saja penggunaan kipas angin, AC, printer serta matikan alat elektronik lainnya yang berpotensi meningkatkan pengeluaran Anda. Matikan listrik yang tidak diperlukan. Meskipun sepele, hal-hal kecil ini akan memberi efisiensi serta penurunan biaya operasional di bisnis Anda.

Terakhir, melakukan evaluasi pada penggunaan kendaraan. ini juga harus dilakukan. Selalu melakukan evaluasi pada mobil yang mengangkut rak buku pesanan pembeli. Pengeluaran bahan bakar minyak serta perawatan mobil juga berpengaruh pada pengeluaran biaya operasional di perusahaan Anda. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda melakukan evaluasi pada kendaraan Anda. Itulah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menekan besarnya biaya operasional di bisnis Anda. Sebenarnya, masih banyak lagi pos-pos pengeluaran yang sebenarnya tidak terlalu penting untuk di cantumkan, rampingkan pos-pos anggaran tersebut, cari alternatif agar dapat menghemat pengeluaran Anda.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Thanks For Your Comment Here