Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Sepatu Gunung Murah

Mendaki gunung bukanlah hal yang sembarangan. Perlu beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Dari kondisi tubuh pendaki, dari bahan pakaian untuk mendaki, dari kelengkapan yang akan dibawa, dan tak lupa dari sepatu gunung yang baik dan bagus juga. Karena kebanyakan sepatu gunung harganya mahal, Anda bisa memilih sepatu gunung yang harganya murah juga namun berkualitas. Disini ada tips memilih sepatu gunung murah yang bagus dalam hal kualitas!


Ukuran

Dalam memilih sepatu gunung untuk diri Anda sendiri, usahakan pilih ukuran sepatu yang lebih besar dan longgar. Pilih ukuran diatas Anda 1 ukuran atau ½ ukuran. Ini berfungsi supaya ketika sedang dalam proses pendakian, kaki biasanya melebar dari ukuran biasanya. Karena rasa lelah dan letih yang dirasakan, dan telah melewati beberapa medan. Kelonggaranpun akan memberikan ruang gerak bagi kaki juga. Sehingga akan terasa nyaman dan aman untuk digunakan. Dan yang perlu diwaspadai, pilih ukuran lebih dari kaki 1 nomor yang memang kaki Anda sudah menggunakan kaos kaki. Jadi ukurannya akan benar-benar pas dan sesuai. Usahakan dalam menggunakan kaos kaki, pilih yang berbahan menyerap keringat.

Jenis sepatu

Karena ragam dari jenis sepatu gunung sangat banyak. Ada yang bermodel lehernya pendek, ada yang lehernya sedang, dan adapula yang lehernya tinggi. Medan di pegunungan dan pendakian biasanya terjal sekali, jika menggunakan sepatu gunung yang bermodel pendek. Sudah dapat dipastikan bahwa kaki akan lecet dengan mudahnya. karena tidak melindungi bagian leher pergelangan. Sepatu jenis ini biasanya hanya untuk olahraga lari ringan, bukan untuk mendaki gunung yang bermedan terjal. Jika yang berleher sedang, sudah melindungi namun tidak begitu maksimal. Memang sangat dianjurkan bagi para pendaki, menggunakan sepatu gunung yang berleher panjang atau tinggi. Sebab sepatu gunung murah dengan leher seperti itu, akan melindungi seluruh permukaan kaki dan pergelangan kaki.

Bahan

Semua orang ketika ingin membeli suatu produk, pasti ingin mendapatkan kualitas yang bagus bukan? Sama halnya dengan sepatu gunung. Sebelum Anda membeli sepatu gunung dengan harga yang murah. Bukan berarti kualitasnya buruk. Pintar-pintarlah dalam memilih dan mencermati, terutama pada bahannya. Untuk sepatu gunung, sebaiknya pilih bahan yang menggunakan kulit sintetis. Bahan ini dapat dengan mudahnya keluar masuk angin yang baik untuk kaki, dan juga kuat terhadap medan. Bisa jug Anda memilih bahan sepatu yang terbuat dari waterproof, dan tidak pengap. Sehingga kaki dapat dengan sehatnya bergerak dalam mendaki gunung tanpa panas, lembab, dan hal-hal lainnya yang membuat kaki tak nyaman.

Sol sepatu

Untuk sol sepatu, sebaiknya Anda sebagai pendaki memilih sepatu yang bagian punggungnya lebih tinggi. Sehingga akan menancap pada permukaan tanah dengan mantapnya. Pilih juga sol yang pada tumitnya, memiliki lebar yang cukup besar, agak lentur, dan pastinya kuat. Pastikan sol terbuat dari sintetis atau karet. Perhatikan juga jahitan untuk sol sepatu, yang memiliki jahitan kuat maka sangat cocok untuk dipilih.

Warna

Sepatu gunung pasti akan berhadapan dengan tanah kotor, becek, lumpur kental, bebatuan, dan hal-hal lainnya. Sebaiknya memang disarankan jika Anda hanya memiliki sepatu gunung 1 saja, pilih sepatu yang memiliki warna gelap dan netral. Sehingga bekas noda tidak akan terlihat dan membuat tampilan tetap tampan. Namun jika ingin memiliki sepatu gunung murah yang berwarna cerah, itu juga bagus juga untuk penampilan.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Thanks For Your Comment Here