Tips Membersihkan Dompet Berbahan Kulit dengan Tepat

Sebagai pria, memiliki sebuah dompet kulit dengan warna netral seperti hitam dan coklat tua seolah menjadi sebuah keharusan. Hal ini lantaran bahan kulit serta warna netral merupakan model yang tidak akan lekang oleh waktu. Selain itu Anda juga bisa terlihat dan profesional sehingga bisa Anda bawa dalam segala acara baik formal maupun kasual. Umumnya barang dengan bahan kulit asli cukup mahal, untuk itu diperlukan perawatan yang khusus agar bahannya tidak mudah rusak serta tahan lama.


Mengingat tempat untuk menyimpan uang ini sering digunakan dan disimpan di area berdebu, maka selalu mengutamakan kebersihannya tentu menjadi prioritas. Bahan kulit memang memerlukan perawatan secara khusus. Tentunya Anda tidak mau barang kesayangan Anda yang berbahan kulit dan berharga mahal kusam, rusak dan seratnya pecah-pecah. Untuk itu pastikan mengetahui bagaimana membersihkan bahan kulit sebagai berikut:

  • Siapkan air bersih dan sabun bayi atau sabun muka, lalu campurkan kedua bahan tersebut. Cukup memberikan beberapa tetes sabun saja ke dalam larutan tersebut.
  • Siapkan lap dengan bahan halus, usahakan dari bahan microfiber karena memiliki tekstur serat kain yang lembut sehingga cocok digunakan untuk membersihkan dompet kulit Anda.
  • Basahi lap tersebut dengan larutan air dan sabun tadi, namun jangan sampai terlalu basah. Pastikan lap tersebut cukup lembab saja.
  • Lap tas berbahan kulit milik Anda dengan perlahan dan searah dengan serat pada kulit sehingga serat tetap terjaga. Hindari mengelap yang berlawanan dengan arah serat karena hal ini bisa merusak tekstur serat bahan kulit.
  • Untuk noda membandel, maka basahi kembali lap Anda dengan larutan air dan sabun kemudian gosok kembali di area yang memiliki noda tersebut.
  • Setelah proses pembersihan selesai, tas bahan kulit pasti masih basah dan lembab, maka Anda perlu menjemurnya agar kembali kering. Jemurlah di tempat redup dan tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung. Cukup diangin-anginkan saja maka bahan kulit akan bisa kering dengan sendirinya. Menjemurnya langsung di bawah cahaya matahari beresiko membuat serat kulit pecah dan kaku sehingga mudah rusak.
  • Jika tas sudah kering, maka Anda perlu mengolesnya dengan pelembab khusus untuk bahan kulit tersebut. Dengan begitu serat kulit tidak mudah mengelupas, tidak kaku dan bisa lebih terlindung dari noda.

Setelah Anda membersihkan tas, maka langkah selanjutnya adalah dengan merawat barang berbahan kulit tersebut. Berikut ini ulasannya:

  • Sebisa mungkin untuk selalu membersihkan debu, noda dan kotoran yang baru saja menempel. Apabila noda terlalu lama dibiarkan menempel, maka hal ini beresiko membuat noda tersebut sulit dihilangkan. Untuk itu segera bersihkan noda yang baru menempel.
  • Apabila ada noda, debu atau kotoran menempel maka hindari tisu untuk membersihkannya karena tisu terbuat dari bahan mudah hancur sehingga bisa membuat serpihan tisu menempel pada serat kulit. Untuk itu pastikan gunakan lap lembut dengan bahan microfiber.
  • Agar debu tidak menempel terlalu banyak, Anda juga bisa menggunakan bagian ujung penyedot debu yang memiliki bulu-bulu halus agar permukaan kulit tidak menggores.
  • Ketahui arah serat kulit sebelum mulai pembersihan agar bisa dilap secara searah.
  • Anda juga bisa membersihkan kulit dengan bahan cuka, minyak zaitun serta perasan lemon karena bahan alami diklaim lebih aman dibandingkan bahan kimia yang berpotensi merusak bahan kulit pada dompet Anda.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Thanks For Your Comment Here