Lakukan Cara Ini Agar Bayar Tagihan Air PDAM Online Lebih Hemat

Memasak, mencuci, mandi dan berbagai aktivitas yang lainnya butuh air sehingga diperlukan sumber air yang bisa memasok air bersih yang dapat dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan tersebut sehingga di gunakanlah air PDAM. Setiap penggunaan air dari PDAM tersebut, Anda harus membayar tagihan yang diberikan dan di jaman yang serba maju ini, Anda bahkan bisa bayar tagihan air PDAM online di toko online terpercaya yang menyediakan layanan untuk pembayaran tagihan air tersebut.

Akan tetapi, karena penggunaan air yang tidak terkontrol tidak jarang membuat Anda terkaget saat mendapati tagihan yang harus dibayarkan lebih dari perkiraan Anda. Untuk menghemat tagihan tersebut, terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Pertama adalah mengatur penggunaan air. Gunakanlah seperlunya saja. Anda bisa mengambil air dan menampungnya di ember sehingga nantinya saat Anda sedang membutuhkan air misalnya untuk mencuci, Anda bisa menggunakan air yang ada di ember tersebut. Sebab, tidak sengaja membuka keran dan tidak menutupnya dengan rapat, bisa menyebabkan air keluar dan terbuang sia-sia sehingga mau tidak mau Anda juga harus membayar penggunaan air yang terbuang tersebut.

Kedua adalah mencuci kendaraan dengan air secukupnya. Terkadang ada orang yang lebih memilih menggunakan selang untuk mencuci kendaraan dan ada yang menggunakan air yang ditampung lebih dahulu ke ember untuk mencuci. Penggunaan wadah air dirasa lebih menghemat tagihan air karena air yang digunakan tersebut tidak lebih dari yang dibutuhkan dibandingkan dengan menggunakan selang. Jika Anda lebih nyaman menggunakan selang untuk mencuci kendaraan, gunakan jenis selang yang bertekanan atau pressure water karena bisa menghemat air hingga 80%.

Ketiga adalah menggunakan keran hemat air. Anda bisa lebih hemat dalam bayar tagihan air PDAM online dengan menggunakan keran yang mampu menghemat air hingga 30-50%. Hal tersebut disebabkan karena keran tersebut menggunakan mulut sambungan yang berbentuk bunga dan menyebabkan air yang keluar akan lebih efektif dan lebih deras. Keempat adalah dengan menggunakan pipa air otomatis. Dengan pompa air tersebut, secara otomatis Anda bisa menghemat tidak hanya penggunaan air namun juga penggunaan listrik. Di mesin pompa otomatis tersebut terdapat sakelar otomatis yang bekerja pada tekanan air sehingga jika kran dibuka, maka pompa akan hidup dan jika tidak digunakan maka akan mati.

Kelima adalah dengan menggunakan reuse water. Cara ini bisa Anda pergunakan jika Anda ingin benar-benar berhemat karena Anda bisa mempergunakan air kotor seperti sisa baju atau piring kotor yang dipergunakan untuk menyiram tanaman ataupun membersihkan garasi sehingga Anda tidak perlu menggunakan air bersih. Keenam adalah dengan menggunakan shower. Penggunaan shower apalagi jenis shower dengan sambungan bentuk bunga yang mampu mengurangi penggunaan air hingga 30-50%.

Lakukan Cara Ini Agar Bayar Tagihan Air PDAM Online Lebih Hemat


Cara lain untuk menghemat air yang bisa Anda lakukan agar saat bayar tagihan air PDAM online, tagihan tidak membengkak, yaitu:


  • Menggunakan wadah untuk mencuci piring. Selain menggunakan wastafel, Anda bisa menggunakan ember sehingga penggunaan air bisa lebih sedikit dibandingkan harus mencucinya langsung di keran air.
  • Cek apakah terjadi kebocoran pipa atau tidak sebab jika ada kebocoran pipa, terdapat air yang keluar yang terbuang sia-sia sehingga Anda harus membayar air yang hilang tersebut. Jika ada kebocoran maka sebaiknya langsung diganti dengan yang baru.
  • Menggunakan closet duduk yang hemat air seperti produk dengan America standar.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Thanks For Your Comment Here