Cara-cara Menghemat Ruang Penyimpanan di jual Micro SD

Banyak gadget yang saat ini diciptakan untuk menunjang kehidupan manusia. Dari semua jenis gadget tersebut, pasti ada ruang penyimpanan yang dibutuhkan untuk menampung semua file yang dihasilkan. Pada sebuah laptop misalnya, ada harddisk yang ditanamkan sebagai ruang untuk menyimpan data maupun program yang diinstalkan. Begitu juga dengan kamera digital maupun smartphone. Kedua gadget tersebut menggunakan memory penyimpanan internal dan eksternal untuk menambah daya tampungnya. Memory eksternal yang sering digunakan adalah sebuah micro chip kecil bernama jual micro sd atau sd card.

Memiliki ukuran paling kecil untuk sebuah memory penyimpanan luar, sd card mampu menyimpan banyak data atau file sesuai kapasitasnya. Berikut ini adalah beberapa kapasitas yang ada di toko online saat ini untuk berbagai penggunaan:

Cara-cara Menghemat Ruang Penyimpanan di jual Micro SD


16 gb.
32 gb.
64 gb.
124 gb.

Meski banyak jenis kapasitas penyimpanannya namun bentuk sd card tetap sama yaitu kecil dan mungkin yang cara penggunaannya dengan diinstalkan atau diselipkan di slot sd card yang disediakan.

Sebagai memory tambahan, sd card bisa menambah ruang tampung atau daya simpan sebuah gadget. Jika gadget tersebut sudah memiliki kapasitas memory internal sebesar 16 giga, kemudian ditambahkan dengan memory eksternal sebesar 32 gb, maka total ruang penyimpanan yang dimiliki adalah sebesar akumulasi dari keduanya. Meski begitu, ukuran file ekstensi tertentu yang dihasilkan saat ini cukup besar sehingga memory eksternal yang berkapasitas besarpun bisa saja cepat menjadi penuh. Belum lagi memory bawaan dari aplikasi maupun sistem yang sudah pasti memakan sebagian besar memory interne untuk mendukung kinerja aplikasi.

Untuk memaksimalkan ruang penyimpanan dalam gadget baik memory internal maupun micro sd sebagai memory eksternal, ada cara-cara yang bisa Anda lakukan misalnya:

Tidak menginstal banyak aplikasi yang tidak terlalu diperlukan.
Menguninstall aplikasi yang jarang digunakan.
Tidak membuat file yang tidak penting misalnya memotret gambar yang tidak dibutuhkan.
Rajin menyortir file terutama file gambar dan suara.
Melakukan back up ke memory penyimpanan online dan menghapus file original di perangkat memory.
Membersihkan cache program atau aplikasi secara rutin.
Melakukan defrag memori minimal 3 bulan sekali.

Cara-cara di atas bisa Anda lakukan untuk mengurangi daya memory yang digunakan sehingga smartphone menjadi lebih cepat kinerjanya. Dengan memory yang lebih luas ketersediannya, Anda bisa lebih leluasa untuk merekam gambar maupun menginstal aplikasi yang memang dibutuhkan. Selain kinerja smartphone lebih cepat, juga mesin tidak cepat panas karena banyaknya file yang harus discaning. Ketika akan mencari file tertentu juga menjadi lebih mudah dan cepat dibandingkan jika banyak sekali file yang tidak berguna ada di memory smartphone atau gadget Anda yang lain.

Dengan menyimpan langsung file yang dihasilkan ke memory luar yaitu micro sd, Anda akan membantu kinerja gadget agar lebih aktif dan ringan. Proses transfer file juga bisa dilakukan secara massal dengan cara melepas sd card dan menghubungkannya dengan komputer atau laptop menggunakan adaptor. Dengan begitu Anda juga bisa memindah file yang ada di sd card secara cepat dan mudah langsung ke dalam memory laptop atau harddisk eksternal laptop yang memiliki daya tampung lebih besar. Lakukan juga defrag ketika menghubungkan sd card ke laptop agar file di dalam sd card tetap rapi dan mudah ditemukan.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Thanks For Your Comment Here