Stir Mobil Anda Bergetar, Simak 5 Faktor Penyebabnya Berikut

Kemudi merupakan salah satu komponen penting yang menunjang keamanan dalam berkendara, sehingga tak jarang diantaranya kecelakaan yang faktor penyebabnya karena kerusakan stir mobil, tiba-tiba bergetar ataupun juga bisa hingga copot. Tentunya akan sangat membahayakan bagi pengendara tersebut, apalagi jika hal ini terjadi di jalanan yang padat, tak hanya diri Anda sendiri, melainkan pengguna jalan lain yang akan menanggung resikonya. Itulah mengapa sangat penting dalam mengecek kelayakan onderdil atau beberapa bagian kendaraan. Pastikan sebelum dipakai semuanya dalam kondisi yang aman.

Umumnya beberapa jenis onderdil atau sparepart tersebut memang wajib diganti secara rutin, dalam beberapa bulan sekali, guna menunjang keamanan dan juga kenyamanan pengemudi sendiri. Hanya saja tak jarang diantara masyarakat yang lupa melakukannya. Banyak sebenarnya tempat yang bisa didatangi untuk service atau pergantian berkala. Bahkan jika Anda sendiri memiliki kemampuan di bidang otomotif maka bisa dimanfaatkan, lebih murah jika melakukan perbaikan dengan mengandalkan keahlian sendiri, cukup dengan membeli sarana penunjangnya saja.

Situs jual beli online juga banyak tawarkan produk perlengkapan kendaraan atau otomotif dengan harga bersaing, sehingga ketika Anda tak mendapatkannya secara langsung, maka bisa lakukan pemesanan online. Untuk stir mobil sendiri ada cukup banyak pilihannya, dari berbagai merk dan juga kategori harga. Khusus untuk Anda yang ingin membelinya maka wajib mempertimbangkan dengan kebutuhan.

Sebenarnya ada banyak cara mudah yang bisa digunakan untuk mendeteksi apakah bagian stir tersebut sebenarnya masih berfungsi dengan baik atau tidak. Salah satu diantaranya dilihat dari gejala –gejalanya, seperti getaran, mungkin banyak diantara Anda yang sering kali mengalami hal ini, dimana ketika dipakai stir tersebut bergetar dengan sendirinya, sehingga tak nyaman digunakan mengemudi, ada beberapa faktor yang menyebabkan getaran tersebut, diantaranya adalah:

1. Tidak pernah melakukan spooring balancing, ini adalah salah satu service yang digunakan untuk bagian stir kendaraan. Ketika pengemudi tak pernah melakukannya, tak heran jika seandainya kondisi stir tersebut juga terus bergetar ketika digunakan, karena memang tidak stabil. Dalam jangka waktu lama bahkan bisa menyebabkan kerusakan yang lebih parah.
2. Kondisi ban yang tidak seimbang, selain dari segi stir sendiri, maka faktor lain yang bisa menyebabkan setir ini menjadi bergetar adalah ban kendaraan, bagian yang digunakan untuk menjalankan kendaraan pada media tanah ini ketika jumlah udara yang ada di dalamnya tak seimbang antara bagian yang kanan dan kiri, maupun depan dan belakang bisa menyebabkan stir bergetar.
3. Bagian kaki aus atau mengalami kerusakan, faktor lainnya juga bisa disebabkan karena bagian kaki kendaraan tersebut yang rusak atau mengalami aus. Akibatnya ketika digunakan dalam mengemudi dengan kecepatan yang tinggi jadinya stir tersebut menjadi bergoyang atau bergetar.
4. Sistem pengereman yang bermasalah, ketika cakram maupun sepatu rem yang bermasalah hal ini akan menyebabkan kondisi stir nantinya juga akan bergetar. Hal ini bisa disebabkan karena faktor usia, ketika penggunaan sudah terlalu lama namun tak kunjung diganti dengan yang baru.
5. Velg mobil yang turun atau peyok, bagian yang menghubungkan dengan roda ini termasuk sangat penting guna menopang kendaraan, ketika ia sudah mulai peyok atau bermasalah, maka bisa menjadi penyebab stir kendaraan juga bergetar kurang nyaman dipakai.

Hati-hati karena bisa menyebabkan kecelakaan dalam berkendara, segera perbaiki masalah yang berkaitan dengan stir mobil tersebut.

Stir Mobil

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Thanks For Your Comment Here