Tips Modifikasi Stiker Mobil Avanza Agar Tidak Melanggar Peraturan Lalu Lintas

Mengcover body mobil dengan stiker saat ini memang sudah menjadi trend baik anak muda maupun orang dewasa. Mobil Avanza yang pada warna aslinya adalah warna solid tanpa stiker aksesoris dapat menjadi lebih hidup dan menarik. Apalagi modifikasi stiker kini bisa dilihat sebagai seni berekspresi karena dapat menunjukkan karakter seseorang melalui garis ataupun lukisan stiker body mobil. Namun perlu diperhatikan bahwa modifikasi stiker mobil Avanza tidak boleh sembarangan karena dapat melanggar peraturan lalu lintas. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar mobil Anda tidak menganggu pengendara lain.

Berikut ini adalah ketentuan-ketentuan yang harus Anda patuhi sebagai batasan saat ingin mengcover mobil Avanza Anda baik sebagian maupun keseluruhan body mobil:

Tips Modifikasi Stiker Mobil Avanza Agar Tidak Melanggar Peraturan Lalu Lintas


1. Pemasangan stiker tidak boleh membahayakan pengguna jalan lain, misalnya menggunakan warna yang mencolok dan atau membuat silau mata sehingga menganggu pandangan.
2. Jangan menempel stiker yang mengandung unsur penghinaan, permusuhan, membedakan suku, agama, ras, maupun adat, atau kebencian. Hal ini tercantum dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP).
3. Jika ingin memasang stiker full body mobil sehingga mengubah warna cat dasarnya yang tercantum dalam STNK, maka hal ini merupakan tindakan pelanggaran hukum. Anda harus mengajukan registrasi ulang ke pihak yang berwenang karena hal ini menyangkut perubahan identitas kendaraan bermotor dan pemiliknya. Registrasi dilakukan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia melalui management registrasi kendaraan bermotor dan digunakan untuk bukti forensik kepolisian.
4. Pasanglah stiker dari bengkel modifikasi resmi dengan SIUP atau NPWP agar mempermudah proses pendataan selanjutnya.

Selama Anda hanya menambah warna stiker dalam modifikasi stiker mobil Avanza, tanpa merubah seluruh warna mobil maka hal tersebut tidak menjadi persoalan pelanggaran aturan hukum. Namun jika Anda menginginkan untuk merubah seluruh warna body mobil Avanza Anda menjadi warna baru yang berbeda dari warna yang tercantum di STNK, maka berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda lakukan :

1. Bawalah bukti STNK asli dan salinannya juga surat keterangan perubahan bentuk dan warna dari bengkel resmi dengan SIUP atau dengan NPWP yang memodifikasi mobil Avanza Anda ke kepolisian.
2. Begitu mendapat surat keterangan dari bagian kepolisian Lantas, segera bawa ke kantor SAMSAT beserta mobil Avanza Anda untuk dilakukan cek fisik dan pendataan ulang.
3. Proses dilanjutkan dengan mengurus administrasi pada bidang tata usaha STNK untuk diproses lebih lanjut
4. Setelah mendapat surat keterangan dari tata usaha, selanjutnya menuju loket Rubentina atau Rubah Bentuk dan Ganti Warna, atau loket lain yang telah disediakan.

Jika Anda ingin mengcover seluruh body mobil Anda namun tidak ingin melakukan proses mengubah warna pada STNK, maka Anda dapat memilih stiker dengan warna dominan yang sama. Hal ini biasanya dilakukan dengan tujuan melindungi body dan warna cat asli agar tidak pudar. Namun jika memang ingin mengubah total warna sebaiknya Anda juga mau melakukan proses pergantian STNK seperti yang sudah dijelaskan di atas. Resiko yang harus Anda tanggung apabila modifikasi stiker mobil Avanza Anda tidak sesuai dengan STNK adalah kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp. 500.000,00 (lima ratus ribu rupiah) sekali tilang. Jadi ada baiknya Anda tetap mengikuti aturan-aturan dalam memodifikasi stiker mobil agar tidak terjadi pelanggaran aturan berlalu lintas yang nantinya dapat merugikan Anda sendiri.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Thanks For Your Comment Here