Cara Membersihkan Sepeda dengan Benar dan Mudah

Beberapa bulan ini Indonesia memiliki musim yang sedikit galau, yakni kurang jelas antara musim hujan atau musim kemarau. Saat pagi hari, kita bisa melihat matahari dengan begitu cerahnya, namun saat menjelang sore hari tiba-tiba berganti dengan mendung yang begitu tebal. Hujan yang turun ini menyebabkan genangan begitu banyak, serta jalanan tanah membuat lumpur menjadi semakin pekat, bersepeda dengan melewati genangan memang sangat menyenangkan, seperti kembali saat masa kecil, sebenarnya ada beberapa . Info seputar sepeda yang pernah di ulas oleh infosepeda.net seperti cara membersihkan sepeda yang bisa Anda terapkan.

Biasanya saat sudah selesai bersepeda kita hanya menaruhnya dirumah dan tidak membersihkannya, dan akan melakukan berbagai hal asyik yang lain, atau malah lupa untuk membersihkannya. Ketika basah karena air hujan, jalanan yang kita lewati serta bagian drive train tertutup oleh berbagai kotoran yang berasal dari jalanan, karena drive train merupakan bagian yang paling banyak bergerak, Anda bisa memusatkan perhatian untuk membersihkan rantai dari berbagai macam kotoran.

Ambil selang air serta semprotkan ke sepeda yang telah dibalut dengan air sabun. Pastikan segala sesuatu dari sepeda Anda menjadi bersih. Jika sudah bersih segera hentakkan sepeda beberapa kali agar air yang berlebihan dapat terlepas dari frame sepeda. Anda juga bisa menggunakan lap bekas yang masih kering untuk mengeringkan sisa air yang tertempel di badan sepeda.

Bagaimana dengan kerangka? Untuk pembersihan kerangka, Anda bisa melakukannya dengan cara yang mudah, bahkan tidak memerlukan alat pembersih khusus. Anda bisa menyiapkan ember yang terisi oleh air hangat yang sudah dicampur dengan sabun cuci piring. untuk air, semakin panas akan semakin baik. agar tangan Anda tidak terluka saat membersihkan sepeda, lebih baik gunakan sarung tangan dari bahan karet agar bisa melindungi tangan Anda, sedangkan pada sabun cuci piring, semakin banyak buih yang dimiliki akan semakin baik pula. Aduk campurannya dengan merata. Gunakan kain lap agar bisa mengelap seluruh bagian kerangka secara optimal. Air panas bisa membersihkan bagian yang berminyak, sedangkan sabun akan bisa menghancurkan kotoran dan lumpur.

Info seputar sepeda yang terakhir ialah membersihkan kabel sepeda. Bukan hanya rantai dan badan sepeda saja yang harus kita rawat, namun kabel sepeda juga harus Ana bersihkan dari sisa pelumas yang telah bercampur dengan debu. Sama seperti rantai, semprot kabel sepeda serta sikat seperlunya dengan air sabun. Oleskan cairan yang bisa menghilangkan pelumas, dan tetesi dengan pelumas baru. Banyak pengguna sepeda yang rajin memoles kerangka sepeda dan membuat sepeda berkilau seperti saat masih baru. Sebenarnya, para ahli malah tidak menyarankan untuk menggunakan produk pemoles. Dua bagian sepeda yang sering dipoles adalah bingkai roda. Pemoles di bingkai roda bisa saja mengurangi efektivitas rem.


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Thanks For Your Comment Here