Beragam Perlengkapan Sekolah Anak dan Tips Membelinya

Liburan akan segera usai. Tahun ajaran baru adalah saat-saat dimana para orangtua sibuk berbelanja keperluan perlengkapan sekolah untuk anak-anaknya. Terutama jika anak-anaknya baru saja memasuki bangku sekolah lanjutan untuk yang pertama kalinya. Namun biasanya, pada awal-awal tahun ajaran baru, orangtua sedikit kesulitan untuk memberikan support kepada anak-anaknya karena cenderung malas beraktivitas setelah libur sekian lama.

Karena sudah lama tidak bersekolah, Anda yang merupakan orangtua anak juga sudah banyak lupa perlengkapan apa saja yang digunakan di sekolah. Agar mempermudah para orangtua berikut adalah daftar peralatan sekolah. Anda bisa menyortir nya sesuai kebutuhan anak-anak Anda:

Beragam Perlengkapan Sekolah Anak dan Tips Membelinya


- Buku Tulis.
- Pulpen.
- Pensil .
- Karet penghapus.
- Type-X.
- Penggaris.
- Tempat Pensil.
- Tas Sekolah.
- Rautan Pensil.
- Pensil Mekanik dan isinya.
- Stapler dan staples. 
- Pervorator atau pembolong kertas.
- Buku binder. 
- Kertas Loose Leaf.
- Jangka. 
- Busur Derajat. 
- Sticky note.
- Lem Kertas. 
- Spidol Kecil. 
- Penjepit Kertas.
- Gunting. 
- Cutter atau pemes. 
- Buku Gambar.
- Crayon. 
- Pensil Warna.
- Spidol Warna.
- Cat Warna. 
- Spidol Besar / Marker.
- Tempat Air Minum.
- Tempat Makanan.
- Tas.
- Sepatu sekolah.
- Seragam.

Setelah menyortir dan membuat daftar perlengkapan sekolah apa saja yang sesuai dengan kebutuhan anak Anda, berikut ini langkah-langkah untuk berbelanja kebutuhan sekolah anak. Ajak anak-anak Anda untuk berbelanja sehingga mereka bisa memilih mana yang sesuai dengan selera mereka. Hal ini juga bisa menambah semangat anak Anda untuk kembali bersekolah dan percaya diri menghadapi hari-hari di sekolahnya nanti:

1. Pilihlah tas sekolah yang berbentuk ransel. Hindari tas yang berbentuk selempang. Menurut sebuah penelitian, tas yang paling baik untuk anak-anak sekolah adalah tas ransel. Terutama bagi anak-anak yang sedang mengalami masa tumbuh kembang. Tas ransel membagi beban di kedua bahunya sehingga tidak mengganggu perkembangan postur tubuhnya. Biarkan anak memilih mana tas ransel yang cocok untuk karakternya misal bermotif atau bergambar tokoh kartun kesayangannya.
2. Seragam sekolah jangan kebesaran. Memilih seragam sekolah juga tidak boleh sembarangan. Anda harus cermat dalam memilih pakaian satu ini. Pilih yang berbahan katun. Pastikan juga jahitannya bagus, rapi. Lebih mahal tidak mengapa asal kualitasnya bagus. Seragam sekolah juga harus yang ukurannya pas atau sedikit longgar dengan anak Anda sehingga terlihat lebih rapi saat dikenakan. Belilah seragam lebih dari satu sehingga bisa dipakai berganti-ganti dan tidak mudah lecek.
3. Beli alat tulis dalam jumlah yang besar. jika anak-anak Anda masih lama masa sekolahnya, belilah alat-alat tulis ini secara grosir. Sehingga selain menghemat pengeluaran, Anda juga tidak perlu bolak-balik membelinya ke toko.
4. Pilih sepatu yang nyaman dan aman. Model sepatu anak sangat beragam dan berkualitas sesuai dengan harganya. Biarkan anak memilih sepatu apa yang ingin ia kenakan.
5. Membiarkan anak memilih tempat makannya sendiri, membuat anak lebih senang membawa bekal daripada jajan. Sehingga Anda bisa lebih berhemat. Pastikan bahan material tempat makan itu aman untuk anak-anak dan tidak tajam.

Demikian tips membeli perlengkapan sekolah. Jangan lupa untuk selalu memberi dukungan dan semangat untuk si buah hati agar bisa berprestasi di sekolah dan menjadi anak yang membanggakan.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Thanks For Your Comment Here