Beragam Perlengkapan Medis untuk Futsal yang Sebaiknya Dipersiapkan

Di dalam berbagai kegiatan olahraga. Sangat wajar apabila terjadi hal-hal yang di luar perkiraan. Di dalam perlombaan futsal misalnya. Persaingan yang ketat membuat terkadang para pemain olahraga itu mengalami cedera. Cedera yang dialami oleh pemain dapat dikategorikan dari yang ringan, sedang, dan berat. Oleh karena itu, ketika melakukan olahraga futsal ini wajib mempersiapkan perlengkapan medis untuk futsal agar ketika terjadi cedera akan dapat langsung ditangani.

Cedera pada olahraga sepakbola atau futsal seringkali di alami, ketika terjadi benturan antar pemain atau jatuhnya pemain secara tiba-tiba pada posisi yang kurang tepat. Cedera sendiri dapat diartikan sebagai suatu kerusakan pada struktur atau fungsi tubuh yang disebabkan oleh paksaan atau tekanan fisik maupun kimiawi. Ketika seseorang mengalami cedera, cedera dapat diakibatkan oleh beberapa hal:

1. Pemanasan yang kurang atau salah.
2. Gaya dan gerakan permainan yang salah.
3. Pendinginan.

Di dalam olahraga sepakbola atau futsal, cedera lebih sering dialami dalam pertandingan resmi yaitu sebesar 35,3 kasus cedera dalam 1000 pertandingan. sedangkan pada latihan, hanya sebanyak 2,9 kasus dari 1000 kali sesi latihan. Dalam setelah cedera dikelompokkan menjadi tiga kategori cedera, di antaranya:

- Cedera ringan.
Cedera ini mengakibatkan pemain harus beristirahat selama sepekan untuk memulihkan cedera yang dialami.

- Cedera sedang.
Durasi istirahat bagi pemain yang digolongkan terkena cedera sedang ini adalah sepekan sampai sebulan ke depan.

- Cedera parah.
Cedera ini mengharuskan pemain beristirahat selama sebulan lebih untuk pemulihan.

Untuk mengantisipasi terjadinya cedera, sebaiknya penyelenggara mempersiapkan terlebih dahulu perlengkapan medis untuk futsal yang akan sangat berguna ketika ada pemain yang mengalami cedera ketika melakukan aktivitas ini. Mengingat kategori cedera ada beragam, ketika cedera dialami maka akan bisa langsung diatasi. Setidaknya dapat melakukan pertolongan pertama terlebih dahulu, sebelum diketahui lebih lanjut seberapa parah cedera yang dialami oleh pemain.



Berbagai kategori cedera, berbeda-beda juga dalam penanganannya. setiap cedera yang ditangani dengan cara yang salah dapat menimbulkan masalah baru lagi. Tidak jarang yang menganggap remeh hal ini, tetapi jangan salah jika cedera dapat berakibat fatal, bahkan dapat membuat Anda tidak dapat bermain futsal lagi:

1. Cedera ankle.
Ankle atau biasa disebut mata kaki adalah bagian yang seringkali terkena cedera. Cedera di bagian ini dibagi menjadi dua yaitu strain ankle dan sprain ankle.

- Istirahat yang cukup.
- Gunakan obat pereda nyeri.
- Kompres dengan es.

2. Cedera ACL.
Cedera ini terjadi pada bagian lutut. Cedera ini diakibatkan karena lompatan atau berlari. Cedera ini dapat disembuhkan melalui operasi yang dilakukan oleh dokter, karena termasuk kategori cedera parah.

3. Cedera hamstring.
Cedera ini adalah cedera otot yang berada pada tulang paha. Biasanya ditandai dengan robekan atau renggangan pada otot. Cukup kompres dengan air es. 

Apa sajakah perlengkapan yang perlu ada di dalam kotak medis untuk olahraga futsal? Pada dasarnya tidak semua kotak medis memiliki barang-barang medis yang sama, tergantung pada penyedia kotak medisnya. Tetapi secara umum benda-benda medis ini wajib ada di dalam kotak perlengkapan medis untuk futsal, karena kegunaannya yang sangat penting untuk dipakai wajib menyiapkan perlengkapan ini:

1. Antiseptik.
2. Alkohol.
3. Kain kassa (perban).
4. H2O2.
5. ATS (Anti Tetanus Serum).
6. Bidai (spalk).
Bentuknya berupa papan dengan ketebalan yang tipis.
7. Obat tetes mata antiseptik.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Thanks For Your Comment Here