Atasi Kerusakan Sederhana pada Tape Mobil USB

Hadirnya perangkat audio dan video pada mobil membuat perjalanan menjadi semakin menyenangkan. Apalagi jika sistem audio video mobil telah dilengkapi dengan tape mobil USB, DVD, TV monitor serta GPS, pasti hal ini akan menjadikan momen dalam mobil semakin menyenangkan. Driver serta penumpang di depan bisa mendengarkan musik pilihan sembari fokus pada peta perjalanan. Sedangkan penumpang di belakang bisa menikmati film favorit. Dengan begini perjalanan panjang pun akan tetap terasa singkat dan membuat semua penumpangnya nyaman.

Namun perangkat sistem audio video pada mobil seringkali mengalami penurunan kualitas atau bahkan kerusakan saat terlalu lama dimainkan. Hal ini tentu saja akan sangat mengganggu perjalanan. Perlu diketahui bahwa sistem audio video pada mobil memiliki sejumlah komponen elektronika dan instalasi yang berkesinambungan satu dengan yang lainnya sehingga kemungkinan terjadi kerusakan juga cukup besar. Meski begitu, beberapa kesalahan ringan masih bisa Anda perbaiki sendiri tanpa harus membawanya ke tukang reparasi yang notabene memerlukan biaya. Untuk itu berikut ini beberapa kerusakan ringan yang sering terjadi pada sistem audio video di mobil Anda dan cara penanganannya:

Atasi Kerusakan Sederhana pada Tape Mobil USB


1. USB tidak dapat membaca file
Persoalan USB yang tidak bisa membaca file seringkali terjadi. Namun Anda tidak perlu khawatir karena kerusakan tersebut masih tergolong ringan. Anda perlu tahu bahwa tape mobil USB hanya didesain untuk membaca file dengan kapasitas yang tidak terlalu besar. Sistem pada USB mobil dirancang untuk membaca file secara keseluruhan sampai pada folder-folder terkecil, sehingga perlu waktu lama dan daya memori besar untuk memprosesnya. Jadi tak perlu heran jika seringkali ditemui tulisan yang menyatakan bahwa USB tidak mendukung atau error pada sistem. Untuk itu lebih baik gunakan flashdisk dengan kapasitas maksimal 2 GB saja agar file tetap mampu terbaca oleh memori di mobil.

2. GPS Hang
Kini sudah banyak sekali head unit yang telah dilengkapi dengan navigasi. Namun seringkali saat membutuhkan petunjuk lewat GPS, tiba-tiba GPS tidak berfungsi. Hal ini tentu saja membuat pengendara kebingungan. Masalah GPS hang umumnya disebabkan karena head unit yang terlalu panas lantaran terlalu lama digunakan. Terlebih jika head unit tak hanya menjalankan sistem navigasi pada GPS, namun juga memutar DVD atau radio yang terkoneksi dengan monitor. Tentu saja hal ini membuat kinerja head unit semakin berat sehingga mengakibatkan sinyal pada GPS terganggu. Hal ini juga bisa saja disebabkan karena mobil melewati area yang bisa mengganggu penerimaan sinyal dari satelit ke GPS. Solusinya adalah dengan mematikan head unit beberapa saat dan melepas kartu SD pada GPS hingga terasa sudah lebih dingin. Kemudian pasang kembali dan lakukan Restart.

3. TV headrest blank
Headrest mobil umumnya langsung terhubung dengan head unit mobil melalui kabel RCA sebagai output video dan kabel power untuk sumber listrik. Apabila headrest monitor mati, kemungkinan adalah karena sambungan power yang terputus, namun bila monitor tetap menyala namun tak ada gambar, maka kabel AV adalah masalahnya. Jika hal tersebut terjadi, maka perhatikan sambungan RCA pada bawah jok dan bagian yang putus bisa ditutup dengan selotip hitam.

Itulah beberapa trik sederhana yang bisa dilakukan apabila tape mobil USB dan perangkat audio video lain mengalami kerusakan ringan. Apabila dengan penanganan tersebut sistem masih tidak dapat berjalan, maka segera konsultasikan dengan tukang reparasi kepercayaan Anda.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Thanks For Your Comment Here